Siap-Siap KUR BRI 2024 Bakal Dibuka, Ini Penjelasan dan Informasi Terbarunya

Siap-Siap KUR BRI 2024 Bakal Dibuka, Ini Penjelasan dan Informasi Terbarunya

Informasi terbaru alokasi KUR BRI 2024--

SUMEKS.CO - PT Bank Rakyat Indonesia adalah bank yang memiliki portofolio kredit UMKM paling dominan, bahkan dikabarkan akan mendapat anggaran Kredit Usaha Rakyat (KUR) terbesar di 2024.

Namun kendati demikian alokasi tersebut bahkan terbilang jauh lebih rendah dari alokasi dari tahun sebelumnya dimana tahun 2024 mendapat Rp165 triliun dari target pemerintah terkait KUR yang mencapai Rp 300 triliun. 

Sementara itu hal ini dinilai tidak meningkat karena untuk anggaran tersebut terhitung lebih rendah dibandingkan target tahun 2023 lalu yakni sebesar Rp 194,4 triliun.

Mengingat hal tersebut itu artinya untuk alokasi yang diberikan BRI tahun ini akan sedikit lebih tinggi dari realisasi penyaluran KUR BRI di 2023. 

BACA JUGA:Cicilan Cuma Rp300 Ribuan! Ajukan KUR BNI 2024 Plafon Rp20 Juta dengan Syarat Mudah

Sebelumnya diketahui bahwa BRI telah menyalurkan KUR senilai Rp163,3 triliun kepada kurang lebih 3,5 juta debitur dimana semuanya mayoriyas penyaluran KUR BRI disalurkan untuk sektor produksi dengan proporsi mencapai 57,38%.

Tapi tenang program pemerintah satu ini setidaknya masih akan tetap berlanjut di tahun 2024 dan memberikan harapan kepada masyarakat khususnya pelaku usaha untuk mengembangkan usaha yang sudah dibangun.

Tapi ternyata untuk saat ini bahkan hingga artikel ini dimuat belum ada konfirmasi resmi dari BRI mengenai kapan dibukanya KUR tahun 2024.

Namun tenang disarankan untuk calon debitur yang penasaran untuk segwra mengecek informasi secara berkala lewat website kur.bri.co.id ataupun sosial media.

BACA JUGA:BRImo, Super App Digital Banking BRI yang Semakin Populer, Sepanjang 2023 Transaksi Tembus Rp4.158 Triliun

Nah jika merujuk pada KUR BRI tahun 2023 lalu, pinjaman ini dibuka pada awal bulan maret jadi sambil menunggu resminya penyaluran KUR BRI sebainya waktunya digunakan untuk menyiapkan beberapa persyaratan agar administrasi terpenuhi.

Syarat dokumen pengajuan diantaranya adalah fotokopi KTP, Kartu Keluarga (KK), surat izin usaha, dokumen jaminan jika pinjaman Rp100 juta ke atas, dan ada tambahan dokumen NPWP untuk pinjaman di atas Rp50 juta.

Setelah memenuhi syarat dan dokumen untuk memenuhi KUR, silakan mengajukan permohonan ke bank yang mengelola pinjaman KUR seperti BRI.

Setelah itu, nantinya pihak bank akan memeriksa kelengkapan berkas dan melakukan survei kelayakan yang apabila memenuhi syarat dan kriteria calon debitur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: