Ternyata Daun Pegagan Berkhasiat Menyembuhkan Banyak Penyakit, Bukan Sekedar Tanaman Liar

Ternyata Daun Pegagan Berkhasiat Menyembuhkan Banyak Penyakit, Bukan Sekedar Tanaman Liar

Daun pegagan yang biasanya tumbuh liar di halaman rumah ini mempunyai manfaat untuk kesehatan.--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO - Daun pegagan  merupakan salah satu tanaman herbal yang mempunyai beragam keistimewaan untuk kesehatan tubuh.

Tanaman ini memiliki istilah nama Centella Asiatica,  yang biasanya menjadi bahan pengobatan tradisional di negara Tiongkok. 

Daun pegagan masuk dalam keluarga Umbelliferae, juga dikenal  dengan sebutan antanan atau daun kaki kuda.

Sebenarnya, tanaman ini merupakan tanaman liar yang mudah ditemukan atau banyak tumbuh di perkarangan, kebun, ladang, tepi jalan, hingga di pematang sawah. 

BACA JUGA:Wajib Diketahui! Inilah 5 Efek Samping Minum Air Rebusan Jahe dan Serai

Daun pegagan merupakan tanaman yang berasal dari daerah Asia tropik, tersebar di berbagai negara di Asia Tenggara termasuk Indonesia, India, Republik Rakyat Tiongkok, Jepang, dan negara-negara lain.

Nah daun pegagan ini banyak khasiatnya sehingga dijadikan obat tradisional untuk berbagai penyakit. Apa saja khasiat dari daun pegagan ini, yuk simak ulasannya berikut ini : 

1. Melembapkan Kulit

Daun pegagan berguna untuk kesehatan kulit. Dilansir dari sumber bahwasanya daun pegagan bisa melembapkan kulit. Karena daun pegagan memiliki sifat anti peradangan. 

BACA JUGA:Daun Pucuk Merah Punya 7 Khasiat Bagi Kesehatan Tubuh, Dijamin Ampuh!

Ada beberapa kosmetik atau produk kecantikan memiliki kandungan pegagan, karena dapat mengembalikan kelembapan kulit. Selain itu, dapat mengobati peradangan pada kulit. 

2. Meringankan Insomnia

Manfaat selanjutnya, daun pegagan bisa meringankan gangguan tidur.  Namun sebelumnya belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa daun pegagan dapat membantu meringankan insomnia. 

3. Berpotensi Meningkatkan Fungsi Kognitif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: