Dosen Universitas Bina Darma Palembang Luncurkan Buku bersama dengan Profesor dari Dublin dan Malaysia

Dosen Universitas Bina Darma Palembang Luncurkan Buku bersama dengan Profesor dari Dublin dan Malaysia

Dosen Universitas Bina Darma Palembang Luncurkan Buku bersama dengan Profesor dari Dublin dan Malaysia--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Dosen prodi teknik informatika Universitas Bina Darma (UBD) Palembang, Dr Zaid Amin meluncurkan buku berjudul “Information Sharing Behaviour on Social Media”.

Dosen Universitas Bina Darma kembali berhasil meluncurkan buku bersama dengan profesor dari Dublin dan Malyasia. Hal ini Sebagai upaya optimalisasi standard internasional yang merupakan visi misi Universitas Bina darma (UBD) di Tahun 2025.

Untuk itu, Dosen dan mahasiswa UBD terus bergiat melakukan beragam kegiatan baik dari penelitian, pengabdian dan pengajaran berkolaborasi dengan universitas terkemuka berkelas dunia.

Buku ini hasil kolaborasi dengan Profesor Alan Smeaton dari Dublin City University, Ireland dan Assoc Prof Nazlena Mohamad Ali dari Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM).

BACA JUGA:UBD Palembang Lakukan penandatanganan MoA dengan Universitas Pembangunan Nasional

Buku dalam bahasa inggris ini mengeksplorasi faktor-faktor kunci yang memicu dan mempengaruhi perhatian pengguna media sosial dalam berbagi informasi.

Selain itu, menyoroti Tune-Attention Model (TAM) pada desain berbasis perhatian dalam berbagi informasi dan aplikasi bernama Visual Selective Attention System (VSAS) yang mengimplementasikan pendekatan desain berbasis perhatian pada manusia.

Terwujudnya perilaku penuh perhatian dalam berbagi informasi di media sosial diharapkan dapat mengurangi penyebaran misinformasi.

Selain itu, faktor perilaku yang penuh perhatian diperlukan untuk menjadi dasar pengembangan interaksi dalam desain sistem aplikasi media sosial di masa depan.

BACA JUGA:Mantap! Tim Inovator Center UBD Palembang Lolos ke tahap Final Entrepreneurship Award VII 2023

Salah satu fungsinya yakni, dapat menghindari potensi kerugian yang disebabkan oleh penyebaran informasi yang salah. 

Menariknya, Buku ini memberikan kontribusi terhadap pengetahuan tentang perilaku dalam berbagi informasi dikalangan masyarakat.

Buku ini juga berkontribusi pada pembahasan peluang dan tantangan dalam berbagi informasi dan perhatian pengguna dalam membantu mengurangi masalah berbagi informasi yang salah.

Beberapa pedoman bagi pemangku kepentingan dan pengambil kebijakan terkait media sosial juga disoroti didalam buku ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: