Pemuda Pancasila Desak Pemkab Ogan Ilir Tak Berikan Izin Perusahaan Ini Beroperasi di Payaraman

Pemuda Pancasila Desak Pemkab Ogan Ilir Tak Berikan Izin Perusahaan Ini Beroperasi di Payaraman

MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Ogan Ilir, Sonedi Ariansyah, saat menyampaikan tuntutan terhadap pendirian PT Simians Medica, di Kelurahan Payaraman Barat Kabupaten Ogan Ilir. Foto: Hetty/sumeks.co--

OGAN ILIR, SUMEKS.CO - Ratusan orang yang berasal dari Pemuda Pancasila, menolak berdirinya PT Simians Medica di Kelurahan Payaraman Barat, Kecamatan Payaraman, Kabupaten Ogan Ilir. 

Penolakan tersebut disampaikan Pemuda Panasila di Kantor Bupati Ogan Ilir di kawasan Komplek Perkantoran Terpadu (KPT) Tanjung Senai Indralaya, Rabu, 27 Desember 2023.

Menurut MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Ogan Ilir, Sonedi Ariansyah, alasan penolakan ini lantaran PT Simians Medica ini bergerak di bidang penangkaran monyet. 

"Dikhawatirkan, dengan adanya penangkaran monyet ini akan menyebarkan virus dan penyakit," sebutnya saat aksi solidaritas di Kantor Bupati Ogan Ilir.

BACA JUGA:Pj Bupati Muba Ajak Organisasi Pemuda Pancasila Sinergi Bangun Daerah

Ditambahkan Sonedi, lokasi berdirinya perusahaan PT Simians Medica ini terletak di dekat pemukiman warga Kelurahan Payaraman Barat, Kecamatan Payaraman. 

"Tak hanya dekat dengan pemukiman warga, PT Simians Medica ini juga terlalu dekat dengan lembaga pendidikan," lanjutnya. 

Yang juga menjadi perhatian Pemuda Pancasila, yakni, belum adanya sosialisasi, pemberitahuan, dan permintaan izin kepada masyarakat terkait pembangunan perusahaan ini. 

"Untuk itu, kami mendesak kepada Pemkab Ogan Ilir supaya menghentikan pembangunan PT Simians Medica di Kecamatan Payaraman ini," desaknya.

BACA JUGA:Puluhan Srikandi Pemuda Pancasila Geruduk PN Palembang, Ada Apa?

Kemudian, kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Ogan Ilir, supaya tidak mengeluarkan izin usaha kepada PT Simians Medica. 

"Dan kepada Dinas Lingkungan Hidup supaya tidak mengeluarkan izin analisis dampak lingkungan atau Amdal PT Simians Medica ini," tegasnya. 

Aksi massa Pemuda Pancasila yang berlangsung di Kantor Bupati Ogan Ilir ini, diterima langsung oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Keuangan Pemkab Ogan Ilir, M Thahir Ritonga. 

Di hadapan peserta aksi unjuk rasa, Thahir memberikan apresiasi kepada Pemuda Pancasila. Karena, kritik dan saran yang disampaikan ini merupakan bagian dari demokrasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: