Bukan Cuma Pohon Natal, Simak 7 Tradisi Unik di Indonesia Menjelang Perayaan Natal 25 Desember Nanti

Bukan Cuma Pohon Natal, Simak 7 Tradisi Unik di Indonesia Menjelang Perayaan Natal 25 Desember Nanti

Hari Raya Natal ternyata juga disambut dengan berbagai tradisi yang cukup pada tiap-tiap daerah di Indonesia. Penjor atau Janur penanda perayaan Natal di Pulau Dewata Bali. Foto: dokumen/sumeks.co--

SUMEKS.CO - Hari Natal yang dirayakan oleh umat Kristiani di negara-negara seluruh dunia, setiap tahunnya pada tanggal 25 Desember mendatang.

Perayaan Natal merupakan hari spesial yang pastinya sudah ditunggu-tunggu oleh keluarga dari belahan dunia termasuk di tanah air kita sendiri.

Seperti perayaan agama lainnya, hari Raya Natal ternyata juga disambut dengan berbagai tradisi yang cukup pada tiap-tiap daerah di Indonesia loh?

Karena, tradisi perayaan Natal pada masing-masing daerah di Indonesia dinilai sebagai simbol kebersamaan yang telah dilakukan secara turun temurun.

BACA JUGA:Tahukah Kamu? Berikut Arti dan Cerita di Balik 8 Hiasan Natal di Rumah, Nomor 6 Bikin Mewek

Nah bagi kalian yang belum tahu, tradisi unik apa saja saat perayaan Natal pada masing-masing daerah, yuk simak artikel ini sampai habis.

Berikut berbagai macam tradisi unik merayakan hari Natal pada tiap daerah di Indonesia, yang dirangkum dari berbagai sumber Jumat 22 Desember 2023.

1. Ngejot dan Penjor dari Bali

Pulau Dewata atau yang dikenal dengan Bali yang kental dengan nuansa Hindu, ternyata tidak luput dari tradisi perayaan Natal yang cukup unik.

BACA JUGA:Yuk Simak 5 Fakta Unik Yang Jarang Orang Lain Tahu Tentang Pohon Natal, Nomor 5 Bikin Takjub

Siapa yang tidak kenal Bali, pulau yang memiliki sejuta tradisi dan kesenian yang unik, yang juga kental dengan kebudayaannya.

Sebagai daerah dengan tingkat toleransi antar beragama yang cukup terjaga, seperti perayaan Natal bagi umat beragama Kristen.

Biasanya, di Bali umat beragama Kristen juga melakukan tradisi unik yang diberi nama Ngejot dan Penjor saat perayaan Natal.

Tradisi Ngejot dan Penjor yang identik dengan umat Hindu ini juga seringkali dilakukan oleh umat Kristen serta Muslim. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: