Jelang Nataru 2023/2024, Pj Sekda Klaim Bahan Pokok di Palembang Relatif Stabil

Jelang Nataru 2023/2024, Pj Sekda Klaim Bahan Pokok di Palembang Relatif Stabil

Sekda Kota Palembang, H Gunawan saat sidak dalam rangka pemantauan harga dan stok kebutuhan bahan pokok jelang Nataru. Foto: Naba/sumeks.co --

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024, Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang, H Gunawan klaim bahan pokok relatif stabil

Hal itu diungkapkan H Gunawan kepada awak media saat sidak dalam rangka pemantauan harga dan stok kebutuhan bahan pokok jelang Nataru. 

Sidak pemantauan harga dan stok kebutuhan bahan pokok jelang Nataru tersebut dilakukan di Gudang Distributor Sembilan Bahan Pokok (Sembako) kawasan Kecamatan Ilir Barat (IB) I Palembang pada Rabu 20 Desember 2023.

Selain itu, sidak stok kebutuhan bahan pokok jelang Nataru oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang dipimpin Pj Sekda, H Gunawan juga menyasar ke Pasar Tradisional KM 5. 

BACA JUGA:Masuk Musim Hujan, Harga 4 Bahan Pokok di Ogan Ilir Alami Kenaikan, Emak-emak Auto Menjerit

"Stok bahan sembako di Kota Palembang relatif aman. Terbukti sudah kita cek langsung di Gudang Distributor dan pasar tradisional," tegasnya. 

Lanjut H Gunawan menjelaskan, selain bahan pokok menjelang Nataru harganya relatif stabil. Bahkan pihak Pemkot Palembang juga memastikan bahan sembako yang dominan dibeli oleh masyarakat relatif aman.

Diketahui, saat sidak berlangsung, harga kebutuhan pokok cenderung stabil, namun tetap ada beberapa kenaikan tidak signifikan harga seperti pada beras dan cabai rawit serta penurunan harga pada telur.

Harga beras medium Rp 12.000, beras premium Rp 14.500 per kilogram. Kenaikan harga beras sekitar Rp 2.000.

BACA JUGA:Kendalikan Inflasi, Pemkab OKI Pantau Harga Bahan Pokok di Pasar Kayuagung

Cabai rawit di harga Rp 60.000 per kilogram. Naik sekitar Rp 5.000 dari minggu sebelumnya. 

Sementara telur mengalami penurunan saat ini di angka Rp 25.000. Penurunan sekitar Rp 4.000 dari minggu sebelumnya. 

“Alhamdulilah harga di pasar tradisional untuk sembako tidak ada lonjakan. Hanya ada beberapa bahan pokok naik tapi tidak signifikan," tutupnya. 

Sementara, dalam sidak kali ini tentunya didampingi Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Palembang, Raimon Lauri. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: