Kendalikan Inflasi, Pemkab OKI Pantau Harga Bahan Pokok di Pasar Kayuagung

Kendalikan Inflasi, Pemkab OKI Pantau Harga Bahan Pokok di Pasar Kayuagung

Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) melakukan sidak pasar Kayuagung mengecek harga sembako, Selasa 31 Oktober 2023.--

OKI, SUMEKS.CO - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir memberikan perhatian serius persoalan inflasi.

Salah satunya dengan melakukan upaya intevensi yakni melakukan pemantauan pasar guna memastikan keterjangkaun harga dan ketersediaan komoditas bahan pokok

Bupati OKI melalui Staf Ahli bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Alexsander Bastomi, SP MSi menyampaikan hasil dari pantauan pasar Kayuagung beberapa komoditias mengalami kenaikan. 

"Kita langsung investasi harga komoditas pokok, hasilnya beberapa komoditias seperti cabai, gula hingga beras mengalami kenaikan, ini akan jadi input pemerintah untuk melakukan intervensi," kata Alex, Selasa 31 Oktober 2023.

BACA JUGA:Terbitkan 3 Laporan Polisi, Polres Muara Enim Tetapkan 16 Tersangka Kasus Ilegal Mining

Alex menyebut, akan ada tindak lanjut intervensi kebijakan untuk menjaga fluktuasi harga komoditas serta menjaga daya beli masyarakat di tengah pemulihan ekonomi

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan OKI, Alamsyah Drs H Alamsyah MSi menjelaskan pemantauan harga pasar ini untuk menyikapi kenaikan beberapa komoditias dari tim Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID). 

"Kita telusuri penyebab adanya pergerakan kenaikan harga. Hal tersebut bisa terjadi karena pasokan dari petani maupun peternak yang berkurang disebabkan oleh kekeringan yang terjadi belakangan ini," jelas Alamsyah. 

Maka oleh karena itu untuk menjaga stabilitas harga terjangkau dan ketersedian bahan pokok, akan gelar operasi pasar yang bekerja Bulog. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: