Piala Asia 2023 Bakal Lebih Fair, AFC Pakai Teknologi Pendeteksi Offside Semi Otomatis

Piala Asia 2023 Bakal Lebih Fair, AFC Pakai Teknologi Pendeteksi Offside Semi Otomatis

AFC akan menggunakan teknologi offside semi otomatis pada kejuaraan Piala Asia 2023.--dok : sumsek.co

SUMEKS.CO - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) bakal menggunakan teknologi pendeteksi offside semi-otomatis (SAOT) di Piala Asia 2023.

Perlu diketahui Piala Asia 2023 akan semakin bergengsi dengan penggunaan teknologi ini. Karena penggunaan teknologi deteksi offside semi-otomatis akan membuat pertandingan lebih fair. 

AFC akan memperkenalkan teknologi offside semi-otomatis (SAOT) pada Piala Asia 2023 yang digelar di Qatar pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024.

Teknologi offside semi-otomatis pertama kali diperkenalkan FIFA saat itu dan digunakan pada Piala Dunia Qatar 2022.

BACA JUGA: Jelang Piala Asia 2023, Indonesia Lakukan 2 Kali Uji Coba Lawan Libya di Turki

AFC adalah asosiasi pertama di benua ini yang menerapkan sistem ini di level tim nasional putra. Dan AFC telah memastikan akan menggunakan SAOT mulai dari kualifikasi hingga final.

AFC mengklaim ini adalah pertama kalinya dalam sejarah sepak bola teknologi ini digunakan dalam kompetisi resmi tingkat kontinental.

Pengenalan SAOT di turnamen internasional di Asia akan melengkapi sistem Video Assistant Referee (VAR).

Penggunaan SAOT mendukung komitmen AFC untuk meningkatkan kualitas, akurasi dan kelengkapan pengambilan keputusan oleh ofisial pertandingan.

BACA JUGA:Berikut 5 Alasan Mengapa Asnawi Jadi Sorotan AFC Jelang Piala Asia 2023

Situs resmi AFC menyatakan bahwa ini adalah pertama kalinya SAOT menggunakan teknologi ini dalam kompetisi AFC.

Hal ini menjadikan AFC sebagai federasi sepak bola dunia pertama yang menggunakan sistem ini dalam turnamen tim nasional putra benua.

Sistem SAOT kini akan menggunakan 12 kamera khusus yang dipasang di titik-titik strategis untuk memberikan gambaran lebih jelas mengenai posisi pemain dan bola di lapangan. Artinya, bagian tubuh yang dianggap offside bisa terlihat dengan kamera khusus ini.

Saat terjadi peristiwa offside, teknologi SAOT membantu memberikan sudut pandang yang lebih akurat untuk tampilan gambar tiga dimensi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: