Ikut Antre BBM Solar Subsidi di SPBU Tapi Ada yang Aneh, 2 Truk Box Ini Tercium Intel Polda Sumsel, Kena Deh!

Ikut Antre BBM Solar Subsidi di SPBU Tapi Ada yang Aneh, 2 Truk Box Ini Tercium Intel Polda Sumsel, Kena Deh!

Personel Direktorat Intelkam Polda Sumsel menangkap dua mobil box yang menimbun BBM solar subsidi saat ikut antre di SPBU. Foto: dokumen/sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO – Personel Unit 4 Subdit 2 Sosial Ekonomi Direktorat Intelkam Polda Sumsel menangkap dua mobil box yang menimbun solar subsidi.

Saat diamankan, dua truk box itu sedang ikut antre bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi bio solar di SPBU Jl Soekarno-Hatta, Kecamatan Alang-Alang Lebar (AAL), Palembang, Kamis, 14 Desember 2023, sekitar pukul 12.30 WIB. 

Sesuai ketentuan, truk tersebut menggunakan barcode MyPertamina, yang dipakai untuk mengisi berulang bio solar di SPBU, karena ada yang anek akhirnya aksi sopir truk box itu tercium Intel Polda Sumsel.

Truk box yang diamankan tersebut dengan nopol BG 8601 IA, dan nopol BG 8036 LR.

BACA JUGA:Pertamina Kecolongan Lagi, Barcode BBM Subsidi Gampang Tipu SPBU, Penyebab Solar Langka?

Direktur Intelkam Polda Sumsel Kombes Pol Iskandar F Sutisna SIK, melalui Kasubdit 2 AKBP Afria Jaya, mengatakan modusnya mengisi bio solar di SPBU secara berulang-ulang dan berganti barcode. 

“Ada yang punya 3 barcode, ada 5 barcode,” kata AKBP Afria, Sabtu, 16 Desember 2023.

Saat dilakukan penyelidikan, pelaku juga memiliki barcode 200 liter untuk antrean truk fuso. 

“Punya banyak barcode MyPertamina dan tangki minyak truknya juga sudah dimodifikasi dengan cara dipasang knop dan ada mesin pompa dalam box. Seolah mengisi minyak seperti biasa, tapi disedot dan langsung masuk baby tank dalam box truknya,” ungkap Afria Jaya.

BACA JUGA:Sindikat Kode Barcode Palsu My Pertamina Berulah Lagi, Kerja Sama dengan SPBU, Polda Sumsel Tak Tinggal Diam

Terdapat lebih dari 1 baby tank dari truk box nopol BG 8601 IA yang disopiri Jodi berisi lebih kurang 145 liter bio solar.

Sedangkan dari truk box nopol BG 8036 LR yang disopiri M Syawal Saputra, terdapat baby tank berisi lebih kurang 1.000 liter bio solar.

Karena ulah pelaku inilah yang mengakibatkan BBM subsidi (bio solar) menjadi langka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: