Green Tea Vs Matcha, Manakah yang Lebih Sehat dan Bermanfaat? Yuk Cari Tau

Green Tea Vs Matcha, Manakah yang Lebih Sehat dan Bermanfaat? Yuk Cari Tau

Perbedaan antara matcha dan green tea-Foto : Ilustrasi-

SUMEKS.CO - Green tea dan matcha seringkali dibanding-bandingkan entah itu dari segi khasiatnya, kandungannya atau apapun yang lebih baik.

Tidak hanya itu bahkan beberapa orang mengira matcha memiliki manfaat kesehatan yang lebih baik daripada green tea begitu pula sebaliknya.

Sama- sama berasal dari tumbuhan teh (Camellia sinensis) keduanya memang diproses dengan cara yang berbeda. 

Matcha diperoleh dari proses penggilingan teh hingga berubah menjadi bubuk sehingga karena prosesnya yang lama inilah yang membuatnya punya aroma yang lebih wangi dengan warna yang lebih cerah.

BACA JUGA:5 Manfaat Tanaman Dlingo Bangle untuk Kesehatan, Nomor 1 Jarang Orang Tahu

Sementara itu green tea atau teh hijau diolah dengan cara mengukus daun teh mentah dalam waktu singkat, kemudian daun ini dikeringkan selama beberapa hari yang bisa langsung diolah.

Jika dibandingkan antara matcha dan green tea sebenarnya tidak ada perbedaan yang terlalu signifikan bahkan antara keduanya ini memiliki manfaat tersendiri dari kandungannya masing-masing.

Matcha dikenal sebagai olahan teh yang mengandung antioksidan yakni zat polifenol dan EGCG (epigallocatechin gallateI) yang dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Selain itu matcha sendiri juga mengandung protein dan serat segingga disarankan untuk yang sedang diet atau menjaga kesehatan tubuh sangat baik dikonsumsi.

BACA JUGA:Kenali Fomo! Sindrom Fear Of Missing Out Bisa Berdampak Pada Kesehatan Mental Lho

Dari kandungan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh beberapa manfaat matcha untuk kesehatan tubuh salah satunya mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, yakni penyakit yang sangat membahayakan tubuh.

Selanjutnya manfaat yang dihasilkan dari mengkonsumsi matcha adalah terhindar risiko terjadinya kanker, menenangkan pikiran dan mengurangi stres, meningkatkan daya ingat serta membantu dalam proses detoksifikasi tubuh.

Nah untuk bisa mendapatkan manfaat luar biasa tersebut disarankan untuk mengonsumsi matcha sebanyak 2 cangkir per hari. 

Penting untuk diketahui matcha disini bukanlah yang banyak dicampur dengan gula, susu atau apapun karena hal ini justru bisa menimbulkan beberapa efek samping, seperti diare, sakit kepala, jantung berdebar-debar, dan insomnia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: