5 Manfaat Tanaman Dlingo Bangle untuk Kesehatan, Nomor 1 Jarang Orang Tahu

5 Manfaat Tanaman Dlingo Bangle untuk Kesehatan, Nomor 1 Jarang Orang Tahu

Beberapa manfaat tanaman dlingo bangle untuk kesehatan tubuh yang jarang diketahui orang.-Foto : blibli.com-

SUMEKS.CO – Dlingo bangle adalah salah satu tanaman herbal yang memiliki manfaat besar untuk kesehatan yang jarang orang tahu. Salah satu manfaat tanaman dlingo bangle dapat mengatasi gangguan saraf.  

Selain bermanfaat untuk kesehatan, dlingo bangle dipercaya masyarakat Jawa untuk mengusir atau menangkal berbagai gangguan makhluk halus.

Tanaman dlingo bangle memiliki batang yang ditopang pelepah daun dengan tinggi mencapai 1,2-1,8 meter dimana bagian dalam akar tanaman ini berwarna oranye. 

Ciri dari tanaman ini adalah permukaan daun dlingo bangle tidak berambut, memiliki gerigi di pinggiran yang dapat tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi yang bisa tumbuh hingga maksimal 1.300 meter di atas permukaan laut. 

BACA JUGA: Konsumsi Karbohidrat Setiap Hari, Yuk Mengenal Karbohidrat Serta Fungsi dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Dikutip dari Dokter Sehat dlingo bangle ini memiliki kandungan senyawa kimia monoterpene, seskuiterpen, fenilpropanoid, flavonoid, kuinin, dan senyawa alpha dan beta-asaron. 

Kandungan senyawa kimia yang terdapat di tanaman dlingo bangle dipercaya mampu menjaga kesehatan dan mencegah dari beberapa penyakit.

Salah satu mitos yang beredar dan menjamur tentang dlingo bangle di masyarakat salah satunya ibu hamil atau bayi yang datang ke tempat yang berbau-bau hal mistis seperti kematian dan pernikahan, kegunaan tanaman ini bisa menangkal dan mencegah berbagai hal-hal sensitif.

Penggunaan dlingo bangle disaat-saat tertentu ini menjadi hal yang umum di masyarakat, mitosnya bisa melindungi dari berbagai gangguan makhluk halus dan hal-hal sensisitif.

BACA JUGA:Jangan Anggap Sepele, Ini 5 Manfaat Tak Terduga dengan Rajin Jalan Kaki

Namun meski bermanfaat karena kandungannya yang luar biasa disarankan untuk tidak mengonsumsi ekstrak dlingo secara berlebihan karena bisa membahayakan tubuh. 

Berikut ini manfaat tanaman dlingo bangle untuk kesehatan jika dikonsumsi dalam batas yang tidak berlebihan.

1. Mengatasi gangguan saraf

Manfaat dari dlingo bangle yang pertama bisa mengatasi gangguan saraf dimana hal ini sudah dibuktikan dalam penelitian Journal of Scientific and Innovative Search yang menemukan adanya kandungan alpha-asarone, beta-asarone, dan eugenol. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: