3.097 Personel Gabungan Siap Amankan Perayaan Nataru 2023/2024, Fokus Antrean BBM di SPBU hingga Isu Covid-19

3.097 Personel Gabungan Siap Amankan Perayaan Nataru 2023/2024, Fokus Antrean BBM di SPBU hingga Isu Covid-19

Polda Sumsel menerjunkan 3.097 personel gabungan dalam pengamanan Nataru 2023/2024. Foto: dokumen/sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO – Polda Sumsel menggelar rapat koordinasi (rakor) lintas sektoral bersama stakeholder terkait untuk persiapan pengamanan rangkaian kegiatan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024 di Mapolda Sumsel Kamis 14 Desember 2023.

Rakor ini dipimpin langsung Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIK Wakapolda Brigjen Pol M Zulkarnain SiK MSi bersama seluruh stakeholder yang ada siap melayani dan mengamankan masyarakat yang akan merayakan Nataru 2023/2024. 

Dikatakan Rachmad berdasarkan prediksi menteri perhubungan RI diperkirakan sekitar 120 juta orang yang akan mudik merayakan Nataru 2023/2024. 

"Ada peningkatan sekitar 43 persen, oleh karena itu kami bersama seluruh stakeholder yang ada di Sumsel bersama sama menyatakan siap melayani dan mengamankan masyarakat yang akan merayakan Nataru 2023/2024," kata Irjen Pol A. Rachmad Wibowo.

BACA JUGA:Tingkatkan Patroli, Polda Sumsel Jamin Pengamanan Perayaan Nataru 2023/2024

Dikatakan, Rachmad dalam pengamanan Nataru 2023/2024 Polda Sumsel menerjunkan 3.097 personel gabungan terdiri dari stakeholder terkait. 

Ada beberapa isu yang fokus dilakukan pihak kepolisian bersama stakeholder yang ada dalam mengamankan perayaan Natal diantaranya isu lalu lintas terutama terkait dengan perlintasan kereta api dan jalur rawan kecelakaan di Sumsel.

"Dijalur ini akan dilakukan rekayasa atau manajemen pengaturan lalu lintas kereta api yang diharapkan bisa ditingkatkan traffic-nya antara pukul 21 00 sampai pukul 06.00 pagi," ungkapnya. 

Dengan ditingkatkan traffic ini, diharapkan masyarakat yang akan melakukan perjalanan Palembang menuju kearah barat dan sebaliknya sebaiknya dilakukan sebelum pukul 21.00 WIB secara teknis ini akan disusun oleh PT kereta api Indonesia. 

BACA JUGA:Persiapan Libur Nataru, Tol Kayuagung-Palembang Diperbaiki, Pengelola Imbau Pengguna Jalan Hati-hati

"Untuk jalur rawan kecelakaan terdapat diperlintasan tol Palembang Kayu Agung, di sini jalannya bergelombang karena dibangun diatas lahan gambut dan PT waskita karya selalu meningkatkan upaya keselamatan lalu lintas dijalur ini," tambahnya.

Lebih lanjut dikatakan Rachmad, Ditlantas Polda Sumsel juga akan meningkatkan patroli terutama dimalam hari dan memberikan rambu dengan keberadaan mobil dengan lampu menyala untuk mengingatkan pengendara agar tidak mengemudikan kendaraan dengan kecepatan tinggi. 

"Isu lainnya terkait kestabilan dan ketersediaan sembako serta BBM. Dari bulog dan Pertamina menyampaikan walaupun ada kenaikan harga beberapa bahan pokok namun dijamin ketersediaan barangnya, begitu juga dengan BBM yang menjadi permasalahan adalah antrean kendaraan yang akan mengisi BBM di SPBU cukup panjang," jelas Alumni Akpol 93 ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: