Tingkatkan Deteksi Dini, Lapas Narkotika Muara Beliti Kontrol Area Brandgang

Tingkatkan Deteksi Dini, Lapas Narkotika Muara Beliti Kontrol Area Brandgang

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Muara Beliti, Sumatera Selatan, melakukan kontrol keliling (Trolling) area brandgang Lapas dan pengecekan drainase (saluran air) Lapas, Senin 11 Desember 2023.--

MUARA BELITI, SUMEKS.CO - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Muara Beliti, Sumatera Selatan, melakukan kontrol keliling (Trolling) area brandgang Lapas dan pengecekan drainase (saluran air) Lapas, Senin 11 Desember 2023.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Seksi Kamtib bekerja sama dengan Kesatuan Pengamanan Lapas (KPLP). 

Pengecekan area brandgang ini bertujuan untuk melaksanakan deteksi dini terhadap potensi gangguan kamtib dan memastikan kebersihan serta keamanan area brandgang Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti.

Pembersihan dilakukan secara menyeluruh, mencakup pengecekan barang-barang yang tidak semestinya ada, serta pengecekan terhadap fasilitas dan ornamen di sekitar brandgang.

BACA JUGA:Sejarah Rohingya, Etnis Muslim Myanmar Berwajah India, yang Mengungsi ke Indonesia

Kalapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti, Ronald Heru Praptama  menjelaskan kegiatan ini adalah implementasi dari Tiga Kunci Pemasyarakatan Maju, salah satunya deteksi dini.

Hal ini juga sebagai upaya antisipasi munculnya gangguan kamtib, seperti pelarian narapidana dan masuknya barang-barang terlarang melalui brandgang.

“Walaupun brandgang adalah area yang jarang dilihat, akan tetapi keamanan dan kebersihan harus tetap diperhatikan. Rumput-rumput liar yang sudah meninggi harus dibersihkan mengingat dapat menyebabkan terbatasnya ruang pantau petugas regu pengamanan ketika bertugas," jelasnya.

"Kita juga memeriksa kondisi drainase yang berada tepat di area brandgang. drainase adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan, maka harus dicek secara rutin agar pasokan air lancar dan terpenuhi bagi warga binaan khususnya," tambahnya

BACA JUGA:Jangan Anggap Remeh! Ini Khasiat Getah Tanaman Patah Tulang untuk Pengobatan Tradisional

Semua pihak dalam kegiatan ini berkomitmen untuk terus bersinergi dan melaksanakan tugas dengan penuh dedikasi demi menjaga ketertiban dan keamanan di Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti.

Upaya ini juga sebagai bentuk dukungan terhadap sistem pemasyarakatan yang lebih baik dan aman.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: