Kasus Kriminalitas Terus Meningkat, Kajari Prabumulih Imbau Pelajar ‘Study Tour’ ke Rutan

Kasus Kriminalitas Terus Meningkat, Kajari Prabumulih Imbau Pelajar ‘Study Tour’ ke Rutan

Kajari Prabumulih, Roy Riady SH MH mengimbau para pelajar untuk “study tour” ke Rutan. Foto: Dian/sumeks.co--

PRABUMULIH, SUMEKS.CO - Meningkatnya angka kriminalitas di kota nanas, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Prabumulih, Roy Riady SH MH mengimbau para pelajar untuk “study tour” ke Rumah Tahanan (Rutan).

Betapa tidak, Kajari Prabumulih mengaku pihaknya kerap mengimbau kepada Kepala Sekolah dan guru agar membawa anak didiknya “study tour” ke Rutan alias penjara, agar pelajar dapat melihat langsung kehidupan di dalam penjara.

"Sekali-sekali guru-guru itu ajak study tour (siswa) ke rutan agar para pelajar dapat melihat langsung kehidupan di dalam penjara dengan,” kata Kajari Prabumulih.

Dengan harapan, kata Kajari Prabumulih, bahwa pengalaman tersebut akan memberikan dampak positif, mencegah mereka terlibat dalam tindak pidana seperti tawuran atau penyalahgunaan narkoba.

BACA JUGA:Kajari Prabumulih Kumpulkan Puluhan Kontraktor, Desak Pembayaran Kerugian Rp1,3 Miliar yang Nunggak

"Biar mereka melihat lemak dak tiduk di dalam itu (penjara) kalau nangis dia dan tidak berani melakukan perbuatan pidana," tambahnya lagi. 

Lebih lanjut, Kajari Prabumulih menekankan bahwa tidak perlu waktu lama untuk “study tour” ke dalam rutan, cukup satu atau dua jam saja untuk merasakan atmosfer di dalamnya.

Kajari Prabumulih yang sebelumnya menjabat sebagai penyidik KPK RI ini, juga menyatakan keterkejutannya atas peningkatan jumlah perkara di Kota Prabumulih dalam setahun terakhir. 

"Cukup meningkat dari 250 perkara menjadi 300 lebih, dan yang banyak narkotika sama kekerasan ya itu tadi penganiayaan dan segala macam," tukasnya. (chy)

BACA JUGA:Kajari Prabumulih Jadi JPU Dalam Sidang Dana Hibah Bawaslu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: