Hewan Ini Disunnahkan Untuk Dibunuh, Bisa Mendatangkan Pahala

  Hewan Ini Disunnahkan Untuk Dibunuh, Bisa Mendatangkan Pahala

Cicak hewan yang bisa berjalan di dinding termasuk salah satu yang disunahkan untuk dibasmi.--dok : sumeksco

SUMEKS.CO – Dalam riwayat kisah Nabi Ibrahim as yang dilemparkan ke dalam api, binatang-binatang yang ada di muka bumi berusaha memadamkan api yang melalap tubuh Nabi Ibrahim.

Akan tetapi, salah satu hewan yang justru meniup-niup api tersebut agar bertambah besar adalah cicak. Meski begitu, Nabi Ibrahim merasa kedinginan karena pertolongan dari Allah sehingga api tersebut tidak membakarnya. 

Cecak atau cicak adalah hewan bertulang belakang reptil yang biasa merayap di dinding atau tembok. Cecak berwarna abu-abu, akan tetapi ada pula yang berwarna coklat kehitam-hitaman. 

Cecak biasanya berukuran sekitar 10 centimeter. Cecak dapat ditemukan di semua benua, kecuali Antarktika. Cecak bersama dengan tokek dan sebangsanya tergolong ke dalam suku Gekkonidae.

BACA JUGA:7 Rahasia Agar Doa Cepat Dikabulkan Allah SWT, Sekali Minta Langsung Diijabah Tanpa Harus Menunggu Lama

Kesunnahan untuk membunuh cicak ini tercantum dalam hadits Rasulullah SAW dan banyak riwayat lain.

Salah satu riwayat dari mantan budak Al-Fakih bin Al-Mughirah bernama Saibah Maulah, beliau menemu Aisyah ra dan mendapati tombak tergeletak di rumahnya. 

Saibah bertanya kepada Aisyah, untuk apa tombak tersebut? Aisyah menjawab,

“Kami menggunakannya untuk membunuh cicak. Karena Rasulullah SAW memberitahu kami bahwa tatkala Ibrahim as dilemparkan kedalam api, semua biantang di muka bumi berusaha memadamkan kobaran api kecuali cicak.

BACA JUGA:Keramas, Menyisir Rambut dan Memotong Kuku Saat Haid Dilarang? Berikut Penjelasannya

Ia justru meniup-niup apinya agar berkobar semakin besar. Maka Rasulullah SAW pun memerintahkan untuk membunuhnya” (HR. Ibnu Majah, Ibnu Hibban dalam Shahihnya, Syaikh Syu’aib menyatakan bahwa sanadnya shahih).

Rasulullah Muhammad Shallahu’alaihi wa salam menyebut cicak adalah penjahat kecil sehingga beliau menyarankan untuk membunuh cicak. 

Dalam hadits shahih Muslim, Nabi Muhammad Shallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Dari Sa’ad bin Abi Waqqash ra bahwa Nabi Muhammad Shallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan membunuh cicak, dan beliau menamainya si penjahat kecil”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: