Alhamdulillah! Bansos Beras 10 Kilogram Resmi Berlanjut Tahun 2024, Ini Syarat Penerimanya

Alhamdulillah! Bansos Beras 10 Kilogram Resmi Berlanjut Tahun 2024, Ini Syarat Penerimanya

Bansos beras 10 kilogram masih cair tahun 2024-Foto : Ilustrasi-

SUMEKS.CO – Sederet Bantuan Sosial (Bansos) masih akan tetap cair dan disalurkan di tahun 2024 mendatang salah satunya adalah Bansos Beras 10 kilogram yang resmi dilanjutkan.

Keluarga Penerima Manfaat (KPM) siap-siap menerima bansos beras 10 kilogram ini tahun depan hingga bantuan pangan yang senilai Rp400 ribu.

Bansos beras 10 kilogram ini diberikan sebagai tambahan untuk penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) untuk masyarakat yang sudah memenuhi syarat.

Selain itu bansos ini juga diberikan kepada masyarakat yang namanya sudah terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

BACA JUGA:Alhamdulillah! Ini Daftar Bansos dan BLT yang Masih Cair Hingga Tahun 2024, Cek Disini

Untuk memastikan nama terdaftar dalam data Kemensos ini bisa mengeceknya secara online lewat link resmi cekbansos.kemensos.go.id atau juga bisa lewat aplikasi Cek Bansos.

Diketahui bansos beras 10 kilogram ini merupakan salah satu bantuan pangan yang diberikan Pemerintah untuk masyarakat miskin dan rentan miskin.

Tujuan dengan adanya bansos beras 10 kilogram ini tidak lain untuk mengurangi beban pengeluaran sekaligus menekan angka kemiskinan yang ada di Indonesia.

Selain itu saat ini bansos beras 10 kilogram ini per bulan sudah memasuki tahap 2 yang sudah dialokasikan sejak bulan September 2023 lalu dimana pada tahap 1 telah dikucurkan di bulan Maret hingga Mei untuk mengantisipasi lonjakkan harga jelang Ramadhan dan Hari raya.

BACA JUGA:Catat! Ini 5 Bansos yang Akan Cair di Awal Tahun 2024, Ini Syarat Penerimanya

Nah untuk tahap 2 ini masih terus menerus berjalan hingga akhir tahun dimana akan berguna dalam mengantisipasi lonjakkan harga pangan menjelang natal dan tahun baru 2024.

Menurut kabar yang beredar bansos beras 10 kilogram ini akan disalurkan kepada kurang lebih 21,35 juta KPM yang berada di seluruh Indonesia dengan total anggaran senilai Rp8 triliun.

Mengingat banyaknya penerima yang tersebar di seluruh wilayah yang ada di Indonesia itulah mengapa penyaluran dilakukan secara bertahap.

Nantinya KPM akan mendapatkan 10 kilogram beras yang akan berjalan selama tiga bulan berturut-turut dimana jika ditotal dalam satu tahap masyarakat akan mendapatkan 30 kilogram beras gratis dari pemerintah untuk membantu dalam hal pangan khususnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: