Kembangkan Program Kampung Iklim, Desa Belanti Ogan Ilir Terima Piagam dari Kementerian LHK

Kembangkan Program Kampung Iklim, Desa Belanti Ogan Ilir Terima Piagam dari Kementerian LHK

Kades Belanti, Kecamatan Tanjung Raja, Kabupaten Ogan Ilir, Irwani, saat menerima penyerahan piagam Proklim dari Kementerian LHK. Foto: dokumen/sumeks.co--

OGAN ILIR, SUMEKS.CO - Desa Belanti, Kecamatan Tanjung Raja, Kabupaten OGAN ILIR, kini tengah berbangga hati pasca menerima piagam dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia. 

Piagam yang diterima Desa Belanti, Kecamatan Tanjung Raja, Kabupaten Ogan Ilir dari Kementerian LHK ini, terkait dengan partisipasi Desa Belanti yang telah ikut serta mengembangkan Program Kampung Iklim (Proklim). 

Kepala Desa Belanti, Irwani mengungkapkan, bahwa pihaknya tidak menyangka sama sekali akan menerima piagam dari Kementerian LHK terkait Proklim. Karena, dirinya merasa tidak pernah mengikuti. 

"Kami tidak mengetahui sama sekali kalau diikutkan dalam program ini. Tiba-tiba saja ada piagam Proklim dari Kementerian LHK ini," ungkapnya kepada SUMEKS.CO, Sabtu, 2 Desember 2023.

BACA JUGA:Pemkab Muara Enim Studi Pembelajaran Program Kampung Iklim ke Jabar dan Bandung

Menurut Irwani, dirinya sempat kaget ketika diberitahu bahwa Desa Belanti menerima piagam Proklim dari Kementerian LHK. Kendati demikian, pihaknya mengaku senang dan bangga dengan piagam ini. 

Disinggung mengenai hal ihwal Desa Belanti mendapatkan piagam Proklim dari Kementerian LHK ini, lantaran Pemdes Belanti telah melakukan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan program Kementerian LHK. 

"Tidak ada kegiatan khusus, kebetulan saja kegiatan desa di tahun-tahun sebelumnya ternyata berkaitan dengan Proklim," katanya. 

Adapun kegiatan yang dilakukan oleh Pemdes Belanti hingga mendapatkan piagam dari Kementerian LHK adalah penyelenggaraan Tempat Pengolahan Sampah Reduce-Reuse-Recycle (TPS3R).

BACA JUGA: Dinas Lingkungan Hidup Kota Pagaralam Usulkan 6 Lokasi Kampung Iklim

Ini merupakan pola pendekatan pengelolaan persampahan pada skala komunal atau kawasan, dengan melibatkan peran aktif pemerintah dan masyarakat, melalui pendekatan pemberdayaan masyarakat.

Sebagaimana diketahui, piagam Proklim ini diberikan kepada pihak-pihak tertentu sebagai bentuk apresiasi dalam pelaksanaan aksi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim. 

"Yang jelas kami sangat bangga dengan piagam ini. Dan piagam ini akan menjadi penyemangat kami untuk menjadi lebih baik lagi," tutupnya.

Di dalam piagam yang diterima Pemdes Belanti tersebut, bertuliskan bahwa Desa Belanti Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir Provinsi Sumatera Selatan, telah berpartisipasi dalam mengembangkan Proklim dengan kategori Pratama.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: