Dinas Lingkungan Hidup Kota Pagaralam Usulkan 6 Lokasi Kampung Iklim

 Dinas Lingkungan Hidup Kota Pagaralam Usulkan 6 Lokasi Kampung Iklim

Ilustrasi--

PAGARALAM, SUMEKS.CO – Tahun ini Dinas Lingkungan Hidup Kota PAGARALAM siapkan lokasi Program Kampung Iklim (Proklim). 

Sebelumnya untuk Kota Pagaralam ada 3 kampung yang mendapat apresiasi penghargaan tingkat Madya dari Presiden RI melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Kepala DLH Kota Pagaralam, Dekky Aprizal SP melalui Kabid PPKLH, Sufrianto mengatakan ini sebagai bentuk komitmen Pemkot Pagaralam melalui DLH mendukung Proklim. 

"Ada enam lokasi di wilayah Pagaralam yang ditetapkan oleh Balai Perubahan Iklim mendukung Proklim," katanya.

BACA JUGA: Kankemenag Kota Pagaralam Wajibkan Sertifikat Halal, Siap-siap Kena Sanksi

Adapun keenam lokasi yang diusulkan dalam proklim diantaranya, Kelurahan Penjalang Kecamatan Dempo Tengah, Burung Dinang dan Agung Lawangan di Kecamatan Dempo Utara, Kelurahan Pagaralam, Curup Jare, dan Dempo Makmur di Kecamatan Pagaralam Utara.

Lokasi tersebut, dalam hal ini apakah bisa memenuhi kriteria sebagai kampung iklim.

Beberapa kriteria dimaksud, adaptasi seperti sejauh mana upaya pengendalian bencana banjir, longsor dan kekeringan. Juga upaya peningkatan ketahanan pangan serta pengendalian penyakit akibat perubahan iklim.

Mitigasi, ini dimaksudkan pengelolaan sampah dan limbah. Penggunaan sumber energi baru dan budidaya pertanian rendah emisi GRK. Selain itu juga kelembagaan, dalam hal ini partisipasi masyarakat yang berkelanjutan. 

BACA JUGA:Ajang PPD Tahun 2023, Wako Pagaralam : Alhamdulillah Masuk 10 Besar

"Kita ke lapangan sekaligus menyebar kuisoner kepada aparatur setempat. Seperti sebelumnya menyambangi LKM, RT RW dan lurah, serta kelompok peduli lingkungan," ucap dia.

Dia menyebutkan, Kampung Iklim sangat penting dan banyak manfaatnya. Karena saat ini tanpa kita sadari merasakan dampak akibat perubahan iklim. Seperti perubahan cuaca belakangan ini.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: