TPID Kota Palembang Siaga Cegah Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Jelang Natal dan Tahun Baru

TPID Kota Palembang Siaga Cegah Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Jelang Natal dan Tahun Baru

Serah terima bantuan bibit cabai serta penandatangan perjanjian kerja sama daerah antara Pemerintah Kota Palembang dengan Produsen Agen Komoditas Bahan Pangan.--

SUMEKS.CO - Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Palembang melaksanakan High Level Meeting (HLM) jelang hari besar keagamaan nasional (HBKN) Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 pada Kamis, 27 November 2023 di Ballroom Hotel Santika Premiere Palembang.

Kegiatan HLM ini dirangkaikan dengan serah terima bantuan bibit cabai serta penandatangan perjanjian kerja sama daerah antara Pemerintah Kota Palembang dengan Produsen Agen Komoditas Bahan Pangan.

Kegiatan ini dihadiri Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang dan Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan, Pimpinan OPD Kota Palembang selaku anggota TPID Kota Palembang, perwakilan perbankan, perakilan BUMN/BUMD, akademisi dari Universitas Sriwijaya, serta para Distributor Bahan Pangan. 

Kegiatan HLM tersebut diawali dengan serah terima bantuan bibit cabai kepada Pemerintah Kota Palembang sebanyak 4000 (empat ribu) batang masing-masing dari Bank Indonesia, Bank Sumsel Babel, dan Badan Permusyarahan Perbankan Daerah (BMPD) Provinsi Sumatera Selatan.

BACA JUGA:DPC PDI Perjuangan Banyuasin Dukung Kembali Askolani Jadi Bupati Banyuasin

Kemudian, dilanjutkan dengan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Dinas Perdagangan Kota Palembang dengan Asosiasi Peternak Unggas, serta Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palembang dengan Agen Cabai Kota Palembang. 

PJ Sekda Kota Palembang, Ir. Gunawan MTP, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Bank Indonesia, Bank Sumsel Babel, dan BMPD Provinsi Sumatera Selatan atas penyerahan bantuan bibit cabai merah sebagai bentuk dukungan terhadap pengendalian inflasi di Kota Palembang.

Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Bulog, Produsen Telur, Agen Cabai Rawit dan Cabai Merah atas dukungan dan kerja sama dalam pelaksanaan strategi 4K.

“Dengan dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak, saya berharap inflasi di Kota Palembang tetap terkendali dan sesuai dengan sasaran inflasi nasional, serta kesejahteraan masyarakat dapat terwujud sesuai dengan target Palembang Emas Darussalam,” ujar Gunawan. 

BACA JUGA:Dua Terdakwa Korupsi PT Semen Baturaja Rp2,6 Miliar Dijatuhi Hukuman 5 Tahun 6 Bulan Penjara

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan, Nurcahyo Heru Prasetyo, turut menyampaikan laporan terkait perkembangan inflasi Kota Palembang.

Dalam laporannya, Heru menyampaikan bahwa TPID Kota Palembang perlu mewaspadai inflasi pada bulan Desember.

Mencermati risiko kenaikan harga komoditas, rekomendasi upaya inflasi yang diusulkan adalah untuk terus memperkuat strategi 4K; Ketersediaan Pasokan, Keterjangkauan Harga, Kelancaran Distribusi, dan Komunikasi yang Efektif.

Heru juga menyampaikan bahwa HLM TPID akan lebih efektif jika dibarengi dengan koordinasi di tingkat teknis untuk monitoring pergerakan harga dari minggu ke minggu dengan tujuan mengantisipasi anomali harga pada komoditas dan menentukan respon yang tepat.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: