13 SPBU dan 3 APMS di OKI Rutin Ditera Ulang PUBBM

13 SPBU dan 3 APMS di OKI Rutin Ditera Ulang PUBBM

Salah satu SPBU di Kota Kayuagung Kabupaten OKI, kendaraan mengantri mengisi BBM.--

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Sejumlah Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU) dan Agen Premium Minyak Solar (AMPS) di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) rutin dilaksanakan tera ulang. 

Pelaksanaan tera ulang ini dilakukan oleh Pemeritah Kabupaten OKI melalui Dinas Perdagangan. 

"Tahun 2023 ini untuk SPBU dan APMS sudah kita lakukan tera ulang pompa ukur bahan bakar minyak. Yakni sebanyak 13 SPBU dan 3 APMS," terang Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten OKI, H Alamsyah melalui Pengawas Kemetrologian, Jaka Wisnu SH. 

Diungkapkan Jaka, pelaksanaan tera ulang pompa ukur memang rutin setiap tahun untuk semua SPBU dan APMS. Sehingga dalam satu tahun semua SPBU dan APMS pasti dilakukan tera ulang pompa ukur. 

BACA JUGA:Instagram Yayasan Rawat 183 Orang Sakit Jiwa dan Telantar Dihack Belum Kembali, YBMI Palembang Buat Akun Baru

"Jadi untuk akhir November ini sudah selesai semua SPBU dan APMS dilakukan tera ulang pompa ukur. Jadi untuk Desember melakukan pengawasan sambut Nataru saja," jelas Jaka, saat dikonfirmasi SUMEKS.CO, Minggu 26 November 2023.

Jaka mengatakan, adapun guna dari pelaksanaan tera ulang pompa ukur bahan bakar minyak adalah untuk menjamin konsumen dalam ketepatan hasil pengukuran bakar minyak (BBM).

Dia menyebut, kegiatan tera ulang pompa ukur bahan bakar minyak ini rutin dilaksankan setahun sekali untuk masing masing SPBU dan termasuk juga stasiun pengisian BBM skala kecil di Kabupaten OKI. 

Dia menegaskan, adanya tera ulang pompa ukur BBM ini ke setiap SPBU dan APMS dan lainnya agar menjamin konsumen untuk ketepatan hasil pengukuran BBM. 

BACA JUGA:Rodrygo yang Viral Ribut Sama Messi ‘Menggila’, Cetak 2 Gol dan Satu Assist, Real Madrid Tekuk Cadiz 3-0

Untuk diketahui, disampaikan Jaka, pelaksanaan tera ulang pompa ukur BBM ini memang wajib setahun sekali berdasarkan UU No 2 tahun 1991 tentang metrologi legal. 

Seperti pada Agustus lalu, melaksanakan tera ulang pompa ukur BBM di Kecamatan Cengal pada APMS. Dimana di Kecamatan biasanya ada APMS. 

Dikatakan Jaka, sejumlah SPBU tersebar, seperti ada di Jalan Lintas Timur Sumatera menuju Lampung. Di jalan tersebut ada beberapa SPBU. 

Lanjutnya, untuk APMS terdapat 4 unit yang tersebar di Kecamatan Cengal, Sungai Menang, Pedamaran Timur dan Tulung Selapan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: