Ah yang Benar Nih! Cuma Modal Lem dan Pensil Lampu LED Kembali Menyala, Yuk Buktikan!

Ah yang Benar Nih! Cuma Modal Lem dan Pensil Lampu LED Kembali Menyala, Yuk Buktikan!

Tips memperbaiki lampu LED yang rusak menggunakan pensil dan lem.--

SUMEKS.CO - Kerap ditemukan lampu LED rusak, hingga tidak dapat hidup normal, bahkan mati total. Ujung-ujungnya pemilik membuang lampu LED yang rusak, kemudian membeli yang baru. 

Kedepan itu tidak perlu dilakukan lagi. Pasalnya, lampu LED yang rusak ternyata bisa diperbaiki. Cukup bermodal lem dan pensil, lampu LED yang hendak dibuang, kembali bagus. 

Ah yang benar? Masa cuma modal bahan seadanya dan tidak terkait dengan listrik, kok bisa menghidupkan lampu LED yang rusak. 

Mungkin orang awam tidak akan percaya dengan cara ini. Apalagi sampai bisa menghemat biaya untuk membeli lampu LED baru. 

BACA JUGA:Musim Hujan Tiba, Ini Tips Dan Trik Merawat Rantai Motor Agar Tidak Mudah Berkarat

Supaya tidak ada keraguan dengan cara yang tidak lazim ini, yuk kita buktikan langsung. Cara pertama ikuti langkah-langkah berikut:

Pertama, bongkar bagian dalam lampu LED yang rusak. Cari LED yang sudah tidak menyalah, biasanya berwarna hitam. 

Tes lampu LED itu untuk memastikan memang sudah dalam kondisi rusak. Namun, alangkah baiknya gunakan alat yang bisa mengurangi risiko tersengat aliran listrik. 

Setelah dipastikan LED yang tidak berfungsi, kemudian siapkan pensil 2B. Mata pensil dikeroyok untuk menghasilkan debu halus. 

BACA JUGA:Yuk kenali 5 Penyebab Mesin Cuci Nyetrum, Nomor 5 Sering Terjadi dan Bikin Kaget

Serbuk pensil itu kemudian ditempel pada bagian LED yang rusak, secara merata. Teteskan lem super, seperti alteco ke serbuk halus pensil yang sudah menutupi LED yang rusak. 

Pastikan lem meresap keseluruh bagian, sehingga menempel secara merata, membuat LED menyatu dengan kuat. 

Selanjutnya keringkan lem dan serbuk halus pensil yang sudah menyatu dengan LED. Bila sudah kering, colokan kembali lampu LED ke stop kontak listrik. 

Pastikan LED yang rusak menyalah dengan normal kembali. Cara ini memang sederhana, tapi sangat efektif untuk memperbaiki lampu LED yang rusak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: