Cegah Cacingan, Dinas Kesehatan OKI Berikan Obat Gratis untuk Siswa SD

Cegah Cacingan, Dinas Kesehatan OKI Berikan Obat Gratis untuk Siswa SD

Petugas puskesmas Celikah Kayuagung memberikan obat cacing pada salah satu sekolah SD di Celikah. --

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Sejumlah siswa-siswi tingkat Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan, mendapatkan obat cacing dari petugas Puskesmas. Kegiatan ini merupakan upaya pencegahan penyakit cacingan pada anak-anak.

Petugas puskesmas di Kabupaten OKI fokus selama satu bulan kedepan memberikan obat cacing kepada siswa-siswi SD di wilayah kerja masing-masing. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKI, H Iwan Setiawan SKM MKes mengatakan, Kabupaten OKI ada 33 puskesmas yang tersebar di 18 Kecamatan. Semua puskesmas itu secara serentak petugas melaksanakan pemberian obat cacing ke semua siswa-siswi SD. 

"Pemberian obat cacing kepada anak SD ini diberikan 2 kali dalam setahun. Yakni pada awal tahun ajaran baru dan akhir tahun seperti ini," ujar Iwan, kepada SUMEKS.CO, Selasa 21 November 2023.

BACA JUGA:Kemenkominfo Imbau Prajurit TNI untuk Menjaga Keamanan Informasi yang Diakses di Dunia Digital

Dikatakan Iwan, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin petugas puskesmas dengan tujuan anak-anak sekolah terhindar penyakit cacingan. 

Apabila anak-anak sekolah terhindar penyakit cacingan, sehingga tumbuh kembang anak menjadi baik. Dimana anak-anak siswa sekolah tingkat SD merupakan masa pertumbuhan. 

"Pada kegiatan ini petugas puskesmas yang mendatangi sekolah-sekolah. Untuk obat cacing didroping langsung dari Dinkes Provinsi ke Dinas kita barulah ke puskesmas-puskesmas," jelas Iwan. 

Lanjutnya, untuk pemberian obat cacing pada anak sekolah ini adalah salah satu Program Pemerintah yang wajib dilaksanakan. Idealnya pemberian obat cacing dilakukan satu tahun 2 kali, atau enam bulan sekali.

BACA JUGA:Kirim Barang Hemat di Akhir Tahun, GoSend Ajak Pengguna Manfaatkan Flat Ongkir

Akibat dari cacingan, yaitu menurunnya kondisi kesehatan gizi pada anak. Termasuk kecerdasan dan produktivitasnya. Serta dapat menurunkan ketahanan tubuh sehingga mudah terkena penyakit lainnya. 

"Jadi dilakukan upaya pencegahannya dengan pemberian obat cacing ini," ucapnya. 

Sementara itu, kepala Puskesmas Celikah Kayuagung, Susmiati SKM menjelaskan, untuk sasaran anak-anak sekolah di wilayah kerja puskesmas Celikah ada sebanyak 16 sekolah SD. 

"Pemberian obat cacing oleh petugas kami ada 16 sekolah. Pelaksanaannya telah dimulai kemarin oleh petugas," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: