Insiden Pipa Minyak Pertamina Bocor Cemari Anak Sungai, DLH Prabumulih Turunkan Tim ke Lapangan

Insiden Pipa Minyak Pertamina Bocor Cemari Anak Sungai, DLH Prabumulih Turunkan Tim ke Lapangan

Kepala DLH Prabumulih, Dwi Koryana dibincangi di kantor Wali Kota Prabumulih, Senin 20 November 2023. Foto: Dian/sumeks.co--

PRABUMULIH, SUMEKS.CO - Terkait adanya insiden kebocoran pipa Pertamina di Jalan Nigata, Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Prabumulih Timur, Kota Prabumulih, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Prabumulih mulai menurunkan tim ke lapangan. 

"Kami ada bidang pengawasan dan saat ini sudah turun ke lapangan, namun sejauh ini belum ada hasil," ujar Kepala DLH Prabumulih, Dwi Koryana dibincangi di kantor Wali Kota Prabumulih, Senin 20 November 2023.

"Rencananya hari ini baru akan mengambil sampel air," jelasnya lagi. 

Kendati demikian, pihaknya tak menapik, begitu ada kebocoran tim pertamina langsung gerak cepat melakukan penanganan di TKP (Tempat Kejadian Perkara) dengan membersihkan lahan yang terkena minyak mentah.

BACA JUGA:Pipa Minyak Bocor Cemari Anak Sungai, Pertamina Sigap Tangani Kendala Operasi Produksi

Disinggung apakah ada sanksi? Perempuan berkerudung itu mengatakan, pihaknya akan meihat terlebih dahulu, apakah penyebab terjadinya insiden tersebut. 

Apakah dari korosi pipa, oknum, dan lainnya. "Karena Pertamina biasanya ada petugas khusus untuk mengawasi pipa yang korosi dan lainnya," jelasnya.

Dalam kesempatan itu pula, Dwi mengimbau kepada pihak Pertamina untuk segera mengganti pipa jika memang terjadinya korosi. 

"Kalau memang terbukti korosi harus diganti. Tapi memang tidak serta-merta karena keterbatasan anggaran jadi kami berikan waktu kepada Pertamina untuk penggantian pipa tersebut," tegasnya. 

BACA JUGA:Pipa Minyak Mentah Milik Pertamina Dicuri, Dipotong-potong Lalu Diangkut Innova

Kendati demikian, jika pada batas waktu tertentu imbauan tak juga diindahkan. Maka bisa saja pihaknya akan memberikan sanksi berupa SP 1, SP 2, SP 3 dan bisa sampai pemberhentian sementara. 

"Namun pada intinya, kita di pemerintahan sifatnya pembinaan dan biasanya mereka cepat penanganannya," jelasnya.

Lalu, bagaimana dengan kolam warga sekitar yang ikut terkena limbah minyak pertamina? Dia mengaku, mereka (Pertamina, red) harus memberikan kompensasi kepada masyarakat yang kolamnya terkena. (chy)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: