Pj Gubernur Agus Fatoni Klaim IKM Sumsel Tumbuh Pesat di Tahun 2023

Pj Gubernur Agus Fatoni Klaim IKM Sumsel Tumbuh Pesat di Tahun 2023

Pj Gubernur Sumatera Selatan, Dr H Agus Fatoni sedang meninjau stand IKM Sumsel pada event IKM Sumsel Award Tahun 2023 di Palembang Indah Mall. Foto; Naba/sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Pj Gubernur Sumatera Selatan, Dr H Agus Fatoni bangga terhadap kemajuan pesat pada sektor Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Sumsel. 

Hal itu diungkapkannya saat menyampikan kata sambutan pada event IKM Sumsel Award Tahun 2023 di Palembang Indah Mall (PIM) pada Sabtu 18 November 2023.

"Pada tahun 2022, terdapat 16.345 UMKM, dengan sebagian besar bergerak di sektor pangan. Tahun ini bisa dibayangkan lebih banyak meningkat 14,7 persen," ungkapnya. 

Menurut Dr Agus Fatoni, meskipun krisis ekonomi akibat covid beberapa tahun lalu. Tetapi tetap bisa berkembang dan bahkan menjadi penyumbang utama perbaikan ekonomi di Sumsel. 

BACA JUGA:Pameran IPCE 2023, Pusri Palembang Promosikan Produk UMKM

"Ekonomi Sumatera Selatan tumbuh lebih positif dari pada rata-rata nasional, memberikan keyakinan bahwa masa depan provinsi ini akan lebih cerah. Upaya nyata dilakukan oleh pemerintah dan semua pihak terkait untuk menciptakan iklim usaha yang mendukung dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi mulai dari tingkat lokal hingga nasional," katanya. 

Lanjut Dr Agus Fatoni, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki kemampuan untuk menghadapi tantangan di era global. 

Persaingan tidak hanya terbatas pada tingkat lokal dan nasional, tetapi juga berskala global. Di tengah pertumbuhan yang tinggi, inflasi dapat terkendali.

"Kami mendukung perkembangan UMKM. Ini bisa menjadi pendukung pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi yang sedang terjadi saat ini," jelasnya. 

BACA JUGA:Berdayakan UMKM Unggulan Pedesaan, BRI Dorong Perluasan Pasar Produk Desa BRILiaN

Kendati itu, Dr Agus Fatoni berpesan kepada pelaku IKM di Sumsel agar terus berkembang dan berinovasi.

"Tujuannya agar lebih baik lagi. Pemprov Sumsel tentunya terus mendukung. Kami berterima kasih kepada pelaku IKM, BUMD, BUMN, dan media. Saya juga memberi apresiasi untuk semua pihak yang terlibat dalam perkembangan IKM Sumsel termasuk melalui event ini," tukasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: