8 Hari Tanpa Jeda, SKD CPNS Kemenkumham Sumsel Resmi Berakhir

8 Hari Tanpa Jeda, SKD CPNS Kemenkumham Sumsel Resmi Berakhir

Tim Panitia dari BKN melakukan serah terima berita acara dan hasil SKD kepada Ketua Panitia Daerah Seleksi CPNS Kanwil Kemenkumham Sumatera Selatan.--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Selatan Tahun Anggaran 2023 tiba di hari ke-8 yang merupakan hari terakhir, Kamis 16 November 2023.

Bekerja sama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Biro Kepegawaian Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM, gelaran seleksi yang berlangsung sejak 9 November 2023 itu berjalan tertib dan lancar.

Tim Panitia dari BKN melakukan serah terima berita acara dan hasil SKD kepada Ketua Panitia Daerah Seleksi CPNS Kanwil Kemenkumham Sumatera Selatan, yakni Kepala Divisi Administrasi, Rahmi Widhiyanti.

“Terima kasih atas jerih payah semua panitia yang telah bertugas selama 8 hari full tanpa libur. Semoga semua lelah dan keringat kita berhasil melahirkan calon Tunas Pengayoman yang berkualitas dan berintegritas. Saya mewakili Kakanwil sekali lagi menyampaikan terima kasih kepada semua panitia yang sudah bertugas dengan penuh tanggung jawab. Tetap semangat dalam berkinerja. Sumsel Pacak Galo,” ujar Rahmi.

Dalam berita acara yang diserahkan, dijelaskan bahwa pelaksanaan SKD secara keseluruhan dilakukan sebanyak 28 sesi, dengan total peserta hadir sejumlah 8.863 orang dan tidak hadir 867 orang. Jumlah keseluruhan peserta terdaftar adalah 9.730 orang.

BACA JUGA:Soal Pesawat TNI AU Jatuh Dekat Lereng Gunung di Jatim, Begini Penjelasan Kadispenau

Jumlah peserta tersebut terdiri dari 9.700 peserta kualifikasi SLTA pelamar formasi Penjaga Tahanan dan 30 peserta dengan kualifikasi Magister pelamar formasi Dosen.

Dilanjutkan Rahmi, bahwa untuk melaju ke tahap selanjutnya yaitu Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), peserta harus memperoleh nilai SKD diatas ambang batas (passing grade) dan masuk dalam peringkat terbaik 3 kali jumlah kebutuhan masing-masing.

“Jumlah penerimaan di Sumatera Selatan adalah Penjaga Tahanan Pria sebanyak 47 orang dan Penjaga Tahanan Wanita 2 orang. Maka yang melaju ke tahap SKB adalah 141 peserta pria dan 6 peserta wanita yang memiliki nilai tertinggi dan diatas ambang batas,” papar Rahmi.

Dirincikan oleh Kepala Divisi Administrasi Kemenkumham Sumsel tersebut, bahwa merujuk Keputusan Menpan RB Nomor 651 Tahun 2023 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Pengadaan Pegawai Negeri Sipil Tahun Anggaran 2023, ambang batas untuk kebutuhan umum adalah nilai TWK minimal 65, TIU minimal 80, dan TKP minimal 166.

BACA JUGA:Irma Suryani Ajak Remaja Jauhi Tiga Hal Ini, Apa Saja?

“Saat ini, peraih skor tertinggi (top score) formasi penjaga tahanan pria adalah Chaysar Triandi Elsya dengan nilai 458 dan formasi penjaga tahanan wanita adalah Yuliana Putri dengan nilai 464. Nilai tersebut ditampilkan secara live dan transparan melalui kanal youtube BKN dan Kemenkumham Sumsel,” lanjut Rahmi.

“Terakhir bagi pelamar penjaga tahanan yang lulus SKD dapat mengikuti tahap berikutnya yaitu tes Kesamaptaan. Untuk pengumuman hasil SKD, terus pantau di laman casn.kemenkumham.go.id atau follow instagram @kumhamsumsel untuk informasi yang lebih update,” tutupnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: