Dirut Pusri Dampingi Mentan Dalam Rangka Peningkatkan Produktivitas Pertanian dalam Menghadapi Musim Tanam

Dirut Pusri Dampingi Mentan Dalam Rangka Peningkatkan Produktivitas Pertanian dalam Menghadapi Musim Tanam

Dirut Pusri Dampingi Mentan Dalam Rangka Peningkatkan Produktivitas Pertanian.--

PALEMBANG, SUMEKS.CO – Sebagai salah satu upaya dalam peningkatan produktivitas pertanian, PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) turun langsung mendamping petani dalam menghadapi musim tanam saat ini.

Kegiatan tersebut dilaksankan dalam rangka Kunjungan Kerja Menteri Pertanian (Mentan) RI, Andi Amran Sulaiman ke Provinsi Sumatera Selatan.

Mentan langsung menyapa penyuluh pertanian yang sedang mengikuti pembinaan peningkatan produksi padi dan jagung yang digelar di SMK PP Negeri Sembawa, Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan, Senin 13 November 2023.

Turut hadir mendampingi Mentan dalam kunjungan ini, Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian, Ali Jamil, Pj. Gubernur Sumsel, A. Fatoni, Pangdam II/SWJ,Mayjen TNI Yanuar Adil, Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero), Rahmad Pribadi, Direktur Utama Pusri, Daconi Khotob, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi dan jajaran forkopimda yang hadir.

BACA JUGA:Dengan Dokumen Grondkaart, PT KAI Menangkan Perkara di Pengadilan

Disampaikan Amran, bahwa Kementerian Pertanian RI telah menyiapkan anggaran untuk 100 ribu hektare lahan di Sumsel.

“Semoga ini bisa terserap mengangkat peringkat produksi pangan mungkin bisa nomor 4 atau nomor 3 di Indonesia dari sebelumnya nomor 5”, ungkap Amran.

Sebagai penyangga komoditas pangan strategis dan mempunyai potensi lahan sawah, lahan kering dan lahan rawa, Provinsi Sumatera Selatan memiliki jumlah petani sebanyak 791.199 yang tergabung dalam Simluhtan.

“Untuk itu perlu peran dari pemerintah sebagai regulator dan terutama penyuluh menjadi kunci penting dalam keberhasilan program pembangunan pertanian, khususnya di Provinsi Sumsel,”terang Amran.

BACA JUGA:Keteguhan Orang Palestina Membuat Wanita Ini Tersadar, Ini Pemicu Banyak Orang Eropa Penasaran dengan Al Quran

Mentan Amran Sulaiman juga menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi Gernas Penanganan Elnino di The Arista Hotel bersama dengan stakeholders terkait, guna mengantisipasi dan mencari solusi terhadap Elnino yang saat ini terjadi.

Kunker hari kedua dilanjutkan dengan melaksanakan panen dan tanam padi di Desa Embacang, Kecamatan Lubuk Keliat, Kabupaten Ogan Ilir yang dilanjutkan dengan meninjau lokasi tanggul long storage di Desa Talang Tengah Laut Kecamatan Lubuk Keliat, Kabupaten Ogan Ilir. Mentan juga melakukan pemantauan udara pertanaman padi di Kabupaten Banyuasin, Selasa 14 November 2023.

“Semoga dengan adanya saluran long storage ini diharapkan kondisi air pada lahan lebih dapat ditata, tidak kebanjiran saat musim hujan dan saat mulai masuk musim kering, masih terdapat air pada long storage”, terang Amran.

Direktur Utama Pusri, Daconi Khotob menyampaikan bahwa sebagai perusahaan pupuk terbesar di Sumsel, Pusri berkomiten akan memastikan tersedianya pupuk di setiap lini dan mengoptimalkan penggunaan produk baik PSO maupun non PSO agar dapat memberikan peningkatan pada produktivitas pertanian dan kesejahteraan petani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: