Puluhan Aparatur Pemerintah Desa di Muara Enim Ikuti Bimtek, Pemdes Harus Anti Maladministrasi

Puluhan Aparatur Pemerintah Desa di Muara Enim Ikuti Bimtek, Pemdes Harus Anti Maladministrasi

BIMTEK : Puluhan aparatur pemerintah desa di 22 Kecamatan Kabupaten Muara Enim mengikuti kegiatan Bimtek Penyelenggaraan Administrasi Pemerintah Desa.--

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Puluhan aparatur pemerintah desa dari 246 desa di 22 kecamatan Kabupaten Muara Enim mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyelenggaraan Administrasi Pemerintah Desa.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Muara Enim tersebut dibuka langsung oleh Pj. Bupati Muara Enim, Dr. H. Ahmad Rizali, M.A., di Hotel Grand Dhika, Kota Semarang, Jawa Tengah, pada Minggu 12 November 2023.

Kegiatan diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Muara Enim dan mengundang narasumber dari Balai Pemdes Yogyakarta Kemendagri RI tersebut bertujuan menciptakan pemerintahan desa yang akuntabel serta terhindar dari praktik maladmistrasi yang berujung kasus hukum.

Dalam arahannya, Pj Bupati mengatakan para aparatur desa rentan terjerat kasus hukum yang disebabkan penyimpangan prosedur atau maladministrasi.

BACA JUGA:Menkumham Tekankan Pentingnya Literasi Keagaman Lintas Budaya, Ini Tujuannya

"Hal tersebut dapat dicegah bila pemerintah desa menyelenggarakan pemerintah yang akuntabel, bertanggung jawab serta disiplin dan tertib administrasi," ujarnya.

Untuk itu, dirinya akan gencar menyelenggarakan berbagai sosialisasi, edukasi, pendampingan maupun kegiatan bimtek dengan harapan para aparatur pemerintah desa dapat menjalankan tertib administrasi sesuai sesuai amanat Permendagri Nomor 47 Tahun 2016 tentang Administrasi Pemerintah Desa.

Lebih lanjut, Pj Bupati juga menginstruksikan Camat untuk membina dan mengawasi Kepala Desa dalam menjalankan program-program dalam RPJM-Des, RKP-Des dan APB-Des maupun administrasi pemerintah desa. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: