Punya Tabungan Masih Segitu Aja dan Selalu Merasa Bokek? Coba Lakukan 5 Langkah Cek Kesehatan Keuangan Kamu

Punya Tabungan Masih Segitu Aja dan Selalu Merasa Bokek? Coba Lakukan 5 Langkah Cek Kesehatan Keuangan Kamu

Punya tabungan tapi selalu merasa bokek, tentunya bikin pusing. Kamu bisa lakukan 5 langkah jitu untuk mengecek kesehatan keuangan. --

SUMEKS.CO - Memiliki pekerjaan dan mendapatkan penghasilan tetap, pastinya bisa disisihkan untuk dijadikan tabungan.

Memiliki tabungan, tentu akan membuat kita terhindar dari kata-kata bokek. Namun, hal berbeda jika ternyata tabungan kita hanya segitu saja.

Jika ternyata tabungan yang kita miliki hanya segitu saja, tentu hal itu lantaran ada permasalahan pada keuangan kita. 

Kita juga pasti mencari-cari permasalahan utama yang membuat keuangan kita bermasalah, padahal sebenarnya kita memiliki tabungan.

BACA JUGA:TPKAD Sumsel Sosialisai dan Inklusi Keuangan, Optimalkan Akses Keuangan Kepada UMKM

Daripada asal menebak pengeluaran mana yang menyebabkan masalah keuangan, ada baiknya untuk melakukan cek kesehatan keuangan.

Lantas bagaimana cara mengecek kesehatan keuangan kita? Berikut ini dikutip SUMEKS.CO dari berbagai sumber, cara mudah mengecek kesehatan keuangan

1. Jumlah cicilan utang

Langkah pertama yang bisa dilakukan, yakni, alangkah lebih baik untuk menjaga jumlah cicilan agar tidak melebihi 30 persen dari pemasukan.

BACA JUGA:Ratusan Warga Seberang Ulu Palembang Terima Layanan Kesehatan Gratis hingga Bakti Sosial dari Polda Sumsel

Pasalnya, semakin besar cicilan utang, maka semakin berat beban pengeluaran Anda setiap bulannya. Dan hal itu bisa membuat Anda kesulitan dalam menabung atau investasi.

2. Kesehatan arus kas

Arus kas yang sehat ditandai dengan adanya surplus dari hasil pengurangan total pemasukan dan pengeluaran, yang jumlahnya sebesar 10 persen dari pemasukan.

Jika pengeluaran Anda melebihi pemasukan, maka konsekuensi yang harus Anda hadapi adalah berkurangnya total tabungan di rekening Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: