Wujudkan Pelayanan Publik Berkualitas, Kemenkumham Sumsel Ikuti Webinar Pengawasan Itjen Kemenkumham

Wujudkan Pelayanan Publik Berkualitas, Kemenkumham Sumsel Ikuti Webinar Pengawasan Itjen Kemenkumham

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan mengikuti webinar Pengawasan Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia yang mengusung tema “APIP Kawal SPBE Wujudkan Pelayanan Berkualitas”.--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan mengikuti webinar Pengawasan Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia yang mengusung tema “APIP Kawal SPBE Wujudkan Pelayanan Berkualitas”.

Kepala Kantor Wilayah, Dr. Ilham Djaya beserta jajaran mengikuti webinar secara virtual, bertempat di ruang teleconference, Selasa 7 November 2023.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Inspektur Jenderal Kemenkumham Razilu, dari Auditorium Inspektorat Jenderal.

Disampaikan Razilu, bahwa webinar ini merupakan rangkaian peringatan HUT Itjen ke-57 yang bertema Akselerasi Digital Wujudkan Pengawasan Optimal. 

BACA JUGA: Ini Spesifikasi iPhone XR dan iPhone XS, Mana yang Lebih Unggul?

“Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Kementerian Hukum dan HAM saat ini berada pada posisi ke3. Nilainya kian meningkat sejak tahun 2019 yakni 3,19, 3.68 di tahun 2021, dan di tahun 2023 nilai SPBE ditargetkan 4.20 atau predikat memuaskan,” ujar Razilu. 

Lanjut Razilu, Kemenkumham tak henti-henti berevolusi membuat inovasi layanan digital, terlebih telah ditetapkan Permenkumham Nomor 30 Tahun 2021 tentang penyelenggaraan SPBE di lingkungan Kemenkumham. 

Webinar ini menghadirkan narasumber dari Inspektur Wilayah III Iwan Santoso dan Kepala Pusdatin Kemenkumham Rifqi Adrian Kriswanto.

Dari pihak eskternal, yakni Auditor Teknologi Utama Badan Riset dan Inovasi Nasional Andrari Grahitandaru, Auditor Madya PIP Polhukam Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Dyah Sulistyowati, serta Sandiman Ahli Muda Badan Siber dan Sandi Negara, RM Ival Tirta Kusumah.

BACA JUGA:Dapatkan Hadiah Langsung atau Voucher Belanja dari BNI

Kapusdatin Rifqi Adrian menambahkan, Pusdatin sebagai Fasilitator telah membuat 107 aplikasi layanan di tingkat Unit Eselon I, Kanwil maupun UPT, yang pengawasan infrastruktur IT nya bekerjasama dengan BRIN dan BSSN. 

Di tahun 2023, rencana penambahan domain salah satunya untuk aplikasi Manajemen Pengawasan pada Inspektorat Jendral (e-Mawas).

“Sementara guna mempermudah proses penilaian SPBE, disediakan laman khusus yakni spbe.kemenkumham.go.id, bagi satker untuk mengupload data dukung SPBE yang kemudian akan dievaluasi tim acessor internal dan tim evaluasi nasional”, tambah Rifqi.

Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya berkomitmen mendukung optimalisasi target indeks SPBE Kemenkumham tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: