Selamat dari Serangan Israel di Jalur Gaza, Keluarga Bang Onim Difasilitasi KBRI Kairo Pulang ke Indonesia

Selamat dari Serangan Israel di Jalur Gaza, Keluarga Bang Onim Difasilitasi KBRI Kairo Pulang ke Indonesia

Keluarga Bang Onim akhirnya difasilitasi pulang ke Indonesia oleh Kemlu RI dan KBRI Kairo, setelah sebelumnya diungsikan di perbatasan Rafah, Mesir. --

SUMEKS.CO - Keluarga Warga Negara Indonesia (WNI), Abdullah Onim atau Bang Onim, yang berada di Gaza, Palestina, saat ini bisa bernapas lega. Pasalnya, keluarga kecil ini kini sudah berada di Indonesia

Onim bersama sang istri beserta tiga anaknya, berhasil diselamatkan dari serangan tentara Israel yang membombardir wilayah Gaza, Palestina, selama 30 hari ini.

Kepulangan Onim bersama keluarganya  ini, difasilitasi oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kairo, Mesir bersama Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemlu RI). 

Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri, Judha Nugraha mengungkapkan, untuk pulang ke Indonesia, Onim dan keluarga menggunakan penerbangan Emirates dari Kairo, Mesir. 

BACA JUGA:Bikin Haru, 3 WNI di Gaza Tak Mau Dievakuasi, Keluarga Bang Onim Sudah di Rafah, Ustadz Husein Masih Tertahan

"Sore ini dijadwalkan mereka sudah tiba di Indonesia," ungkapnya, Senin, 6 November 2023.

Menurut Judha, pihaknya berhasil mengungsikan Onim dan keluarganya 3 November 2023 lalu. Onim dan keluarganya berhasil diungsikan dari Gaza ke perbatasan Rafah. 

"Lalu mereka dibawa ke KBRI Kairo," sebutnya. 

Sesuai aturan Mesir, warga negara asing yang dievakuasi dari Gaza hanya boleh berada di wilayah Mesir selama 3x24 jam, sebelum dipulangkan ke negara masing-masing.

Untuk diketahui, perbatasan Rafah adalah pos perbatasan paling selatan dari Gaza dan berbatasan dengan Semenanjung Sinai di Mesir. 

BACA JUGA:Hoaks! Ustadz Husein Meninggal, Bang Onim Aktivis Kemanusiaan di Gaza Bertemu Langsung di Perbatasan Rafah

Tempat ini adalah satu-satunya jalur untuk mengeluarkan warga negara asing di tengah konflik yang terus berkecamuk antara Israel dan Hamas.

Diberitakan sebelumnya, bahwa pejuang Palestina, Hamas, semakin mengganas. Sedikitnya 10 tank milik tentara Israel berhasil dihancurkan, hanya dengan rudal anti-tank. 

Video perjuangan Hamas yang berhasil menembak hancur 10 tank milik Israel, menyebar di media sosial. Salah satu akun TikTok yang mengunggahnya yakni @sadrifaisal, pada 5 November 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: