Cegah Pernikahan Dini, Pelajar di OKI Ikuti Bimbingan, Ini yang Didapat

Cegah Pernikahan Dini, Pelajar di OKI Ikuti Bimbingan, Ini yang Didapat

Kasi Binmas Islam, H Ismid SAg. --

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Pelajar tingkat Sekoah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA) di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) mendapatkan bimbingan mengenai pernikahan. 

Ini merupakan program dari Kementerian Agama kepada semua pelajar bekerjasama dengan dinas kesehatan dan dinas lainnya. 

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten OKI, H Syarip SAg melalui Kasi Binmas Islam, H Ismid SAg mengatakan, bimbingan kepada pelajar ini disebut bimbingan remaja usia sekolah (Brus) yang merupakan program Kemenag Pusat di seluruh Indonesia melalui Kemenag Kabupaten/Kota.

"Di Kabupaten OKI untuk tahun ini program Brus masih tersisa 5 kegiatan lagi," ujar Ismid, kepada SUMEKS.CO, Senin 6 November 2023.

BACA JUGA:Luar Biasa! Sumsel Cetak Sejarah Baru, Kontingen STQH Nasional XXVII Tahun 2023 Berhasil Rebut Ranking 3

Dia menjelaskan, di bulan November ini hingga akhir tahun sisa 5 kegiatan Brus dilaksanakan. Dimana kegiatan Brus sudah terlaksana sejak dari tahun 2018 hingga sekarang ini. 

"5 kegiatan Brus ini akan dilaksanakan di Kecamatan Lempuing dengan pelajarnya berasal dari Madrasah Aliyah Darussalam di Bumi Agung," jelas Ismid.

Lanjutnya, pelaksanaan di Madrasah itu dijadwalkan November ini, saat ini masih menunggu koordinasi kepala sekolah nya. 

Kegiatan Brus ini satu angkatannya berjumlah 30 orang siswa hingga lebih. Semua siswa jenjang Madrasah dan SMA maupun SMK menerima bimbingan ini. 

BACA JUGA: Palembang Terancam Situasi Darurat Sampah, 3 Tahun Lagi TPA Sukawinatan Overload

"Tujuan dari bimbingan ini adalah untuk mencegah pernikahan dini bagi para pelajar. Sehingga mereka mengenali diri dan lebih fokus dalam belajar," terang Ismid. 

Termasuk juga para pelajar-pelajar mulai kelas X, XI dan XII semuanya ini juga mendapatkan ilmu pengetahuan mengenai kesehatan. 

"Jadi para pelajar ini menjadi lebih paham mengenai kesehatan dan ilmu keagamaan mengenai pernikahan," ucapnya. 

Sambung Ismid, tahun 2023 ini untuk program Brus telah dilaksanakan di sejumlah Kecamatan-kecamatan di Kabupaten OKI yakni sebanyak 26 angkatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: