Ini Resep Gulai Sidat, Soal Rasa Tiada Duanya, Kandungan Gizi Kalahkan Salmon, Meningkatkan Kecerdasan Otak

Ini Resep Gulai Sidat, Soal Rasa Tiada Duanya, Kandungan Gizi Kalahkan Salmon, Meningkatkan Kecerdasan Otak

Resep gulai ikan sidat yang kaya akan kandungan gizi.--

SUMEKS.CO - Ikan sidat atau pelus, mendiami sungai yang bermuara ke pantai barat Sumatra dan Selatan Jawa. Sehingga ikan ini tidak semua orang mengetahui.

Meski rasa ikan ini tiada duanya. Bahkan, kandungan gizi pada ikan memiliki tubuh mirip belut tapi bukan belut ini, mengalahkan ikan salmon. 

Di habitat aslinya di Indonesia, ikan ini mendiami aliran sungai deras berbatu. Namun ikan sidat menjadi salah satu ikan paling favorit di Jepang. 

Tingginya konsumsi sidat di Jepang, membuat sidat sudah dibudidayakan. 

BACA JUGA:Meriang dan Nafsu Makan Berkurang, Tuntas dengan Sambal Bajak yang Bikin Keringat Bercucuran, Ini Resepnya

Masyarakat Jepang percaya bahwa ikan sidat menyimpan banyak khasiat. Namun, manfaat ikan sidat masih belum banyak dikenali di Indonesia. 

Padahal Indonesia menjadi pemasok besar ikan sidat di beberapa negara Asia Timur.

Warga Jepang percaya bahwa ikan sidat banyak mendatangkan manfaat, seperti meningkatkan kecerdasan otak. Manfaat ikan sidat ini datang dari kandungan gizinya yang melimpah.

Dalam 100 gram ikan sidat terkandung berbagai kandungan, seperti vitamin B1, B2, A, C, zinc, protein, karbohidrat, omega-3, kalsium.

BACA JUGA:Wajib di Coba Lho! Resep Nasi Kepal Homemade, Enak dan Praktis Cocok untuk Bekal

Berdasarkan data Kemenkes RI (TKPI), setiap 100 gram ikan sidat segar mengandung 118 mg kalsium, 11,4 gram protein, 3,0 mg besi, 0,40 mg riboflavin, 3,2 mg niasin dan 174 mg fosfor. 

Ini menunjukkan bahwa kandungan kalsium, protein, besi, riboflavin, niasin dan fosfor termasuk tinggi dan cukup tinggi.

Untuk menikmati ikan sidat ini dapat dilakukan dengan berbagai olahan, salah satunya gulai. Di wilayah pantai barat Sumatra, masyarakat kerap mengola sidat dengan cara digulai. 

Gulai sidat menjadi salah satu menu khas daerah, seperti Provinsi Bengkulu dan Sumatera Barat, yang umumnya menyebut ikan ini dengan sebutan pelus. Rasa gulai sidat tidak ada duanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: