Sejumlah Kelompok Tani di Ogan Ilir Sumringah, Ada Apa Ya?

Sejumlah Kelompok Tani di Ogan Ilir Sumringah, Ada Apa Ya?

Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar, saat mengecek bantuan peralatan pertanian yang diberikan kepada kelompok tani di Ogan Ilir, Kamis, 2 November 2023. Foto: dokumen/sumeks.co --

OGAN ILIR, SUMEKS.CO - Sejumlah kelompok tani di Kabupaten OGAN ILIR saat ini tengah sumringah.

Pasalnya, kelompok-kelompok tani ini mendapatkan hadiah dari Bupati Ogan Ilir. 

Apa hadiahnya? Ya, sejumlah kelompok tani di Kabupaten Ogan Ilir ini mendapatkan hadiah berupa alat pertanian. Bukan kaleng-kaleng, alat pertanian yang diberikan ini seluruhnya anyar. 

Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar mengatakan, bahwa alat pertanian yang diberikan kepada kelompok tani di Kabupaten Ogan Ilir ini berupa combine harvester dan traktor. 

BACA JUGA:Tingkatkan Produksi Padi, Kelompok Tani Desa Tanjungraja Terima Bantuan Pupuk Cair Organik

"Ini bantuan ada enam unit combine harvester dan dua unit traktor untuk digunakan sejumlah kelompok tani yang ada di Ogan Ilir," sebutnya, Kamis, 2 November 2023.

Panca menambahkan, delapan unit alsintan yang diperuntukkan bagi kelompok tani di Kabupaten Ogan Ilir tersebut, merupakan hasil aspirasi Anggota DPRD Kabupaten Ogan Ilir melalui APBD Kabupaten Ogan Ilir.

"Manfaatkan alsintan ini untuk meningkatkan produksi pertanian dan mengurangi cost petani yang selama ini sewa peralatan tani," tegasnya. 

Sebelum menyerahkan kunci alsintan kepada kelompok tani yang hadir pada acara penyerahan yang dipusatkan di Halaman Upacara KPT Tanjung Senai, Panca terlebih dahulu menjajal peralatan tersebut. 

BACA JUGA:Tingkatkan Kesejahteraan Petani, 40 Kelompok Tani Dapatkan Bantuan Bibit Buah

Untuk diketahui, peralatan pertanian yang merupakan aspirasi dari Anggota DPRD Kabupaten Ogan Ilir ini, diberikan kepada kelompok tani yang ada di Kecamatan Indralaya, Rantau Panjang, Pemulutan, Pemulutan Selatan dan Muara Kuang.

"Saya berharap kepada seluruh petani yang mendapat bantuan ini bisa menjaga dengan baik bantuan ini," tutupnya. 

Sementara itu, Anggota DPRD Kabupaten Ogan Ilir, Muhammad Ali dan Muhammad Iqbal selaku inisiator dana aspirasi mengatakan, bantuan peralatan pertanian kepada kelompok tani ini rencananya akan ditambah pada tahun depan. 

"Karena kan, bantuan yang ada saat ini belum mengakomodir seluruh kelompok tani yang ada di Kabupaten Ogan Ilir," ungkapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: