Lapas Narkotika Kelas IIa Muara Beliti Gelar ACF 2023 ke Warga Binaan

Lapas Narkotika Kelas IIa Muara Beliti Gelar ACF 2023 ke Warga Binaan

KALAPAS Narkotika kelas 2A Muara Beliti, Ronald Heru Praptama mengatakan ACF dimaksudkan sebagai tindakan preventif.-foto:doksumeksco-

SUMEKS.CO - Lapas Narkotika Kelas IIa Muara Beliti menggelar kegiatan active case founding (ACF) dengan Intervensi Chest x-ray pada 30 Oktober 2023 - 02 Nopember 2023.

ACF diikuti 772 orang warga binaan permasayarakatan, yang dilakukan dengan target 200 orang per hari dimulai pada Senin pagi pukul 09:30 WIB. Kegiatan membantu mengidentifikasi secara dini kasus TBC dan memberikan perawatan yang diperlukan.

Sekaligus bertujuan menjaga, cegah dengan identifikasi dini  penularan TBC untuk Warga Binaan Permasyarakatan.

BACA JUGA:Milenial Dukung Penuh Modernisasi Sebagai Penentu Sumsel Berkembang dan Lebih Maju

''Kita berharap dari active case Finding dapat menemukan kasus tuberculosis (TBC) melalui serangkaian pemeriksaan seperti pemeriksaan riwayat penyakit dan gejala, pemeriksaan dahak, pemeriksaan tuberculin, serta pemeriksaan rontgen dada dengan menggunakan Chest x-ray,'' kata KALAPAS Narkotika Kelas 2A  Muara Beliti, Ronald Heru Praptama. 

Ditambahkan, ACF (Active Case Finding) dengan intervensi Chest X-Ray yang dilakukan oleh Lapas Narkotika Kelas IIa Muara Beliti adalah langkah yang baik dalam menjaga dan mencegah penularan TBC di antara warga binaan.

Berkolaborasi dengan pihak RSU Dr. Sobirin Musirawas, tim dari Tirta Medical Center, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Rawas 

Kalapas Ronald Heru Praptama menyampaikan bahwa kegiatan Scrinning ini merupakan langkah awal sebagai deteksi dini dari penularan penyakit TBC terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Narkotika kelas 2A muara Beliti, jika terdapat kasus maka tindakan cepat bisa dilakukan.(*)

BACA JUGA:Curah Hujan Minim, Pemadaman Karhutla di OKI Melalui Darat Diperkuat

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: