Siap-Siap! Malam Ini Ada Gerhana Bulan Sebagian, Cek Disini Daerah yang Bisa Lihat Secara Langsung

Siap-Siap! Malam Ini Ada Gerhana Bulan Sebagian, Cek Disini Daerah yang Bisa Lihat Secara Langsung

Menurut informasi dari BMKG, malam ini akan ada gerhana bulan sebagian di beberapa wilayah Indonesia.--

SUMEKS.CO - Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), 29 Oktober 2023 dini hari, wilayah Indonesia akan terjadi fenomena alam yakni Gerhana Bulan Sebagian. 

Kabar gembiranya, sebagian besar wilayah Indonesia akan bisa mengamati langsung fenomena gerhana keempat yang terjadi di tahun 2023 ini. Kendati demikian, setiap wilayah Indonesia berbeda waktu pengamatan. 

Dikutip SUMEKS.CO dari berbagai sumber, untuk wilayah Indonesia bagian barat (WIB), Gerhana Bulan Sebagian dimulai pada pukul 02.34 WIB sampai kontak Umbra 4 pada pukul 03.53 WIB. 

Untuk daerah yang bisa mengamati langsung, yakni, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Lampung, Bangka Belitung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, dan Kalimantan. 

BACA JUGA:LF PBNU Nyatakan Salat Khusuf Gerhana Bulan Penumbra Tak Disunnahkan, Tolak Perintah Rasulullah SAW?

Gerhana Bulan Sebagian untuk wilayah Indonesia bagian tengah (WITA) pada kontak Umbra 1 (U1) pada pukul 03.34 WITA sampai kontak Umbra 4 (U4) pukul 04.53 WITA. 

Adapun daerah yang bisa menikmati langsung Gerhana Bulan Sebagian, adalah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, dan Gorontalo. 

Sedangkan untuk wilayah Maluku Utara dan sebagian besar Maluku dapat melihat Gerhana Bulan Sebagian pada kontak Umbra 1 (U1) pada pukul 04.34 WIT sampai kontak Umbra 4 (U4) pukul 05.53 WIT. 

Dan wilayah Papua, sebagian besar Papua Barat, dan sebagian Maluku dapat melihat Gerhana Bulan Sebagian pada kontak Umbra 1 (U1) pada pukul 04.34.37 WIT sampai waktu Bulan terbenam di wilayah setempat.

BACA JUGA:Peristiwa Besar Pasca Gerhana Bulan Penumbra Malam Ini Benar Terjadi, Begini Penjelasan Hadist Rasulullah SAW

Lantas, apa itu Gerhana Bulan Sebagian? Gerhana Bulan Sebagian adalah peristiwa terhalanginya cahaya Matahari oleh Bumi, sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan. 

Peristiwa ini disebabkan oleh dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan. Gerhana Bulan hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya.

Terkait adanya fenomena Gerhana Bulan Sebagian ini, Direktur Jenderal (Dirjen) Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas Islam) Kementerian Agama, Kamaruddin Amin, mengajak umat Islam untuk melaksanakan Salat Gerhana Bulan atau Salat Khusuf.

"Karenanya, kami mengajak umat Islam yang mengalami Gerhana Bulan Sebagian untuk melakukan Salat Sunah Khusuf sesuai tuntunan syariah," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: