DJP Sumsel Babel Gelar Sit In ke Universitas Bina Darma Palembang

DJP Sumsel Babel Gelar Sit In ke Universitas Bina Darma Palembang

Kanwil DJP Sumsel dan Kep Babel kembali mengadakan kegiatan Sit In ke Universitas Bina Darma Palembang.--

SUMEKS.CO - Tim Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Sumatera Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung (Kanwil DJP Sumsel dan Kep Babel), kembali mengadakan kegiatan Sit In ke Universitas Bina Darma (UBD) Palembang, 26 Oktober 2023.

Kegiatan Sit In tesebut berlangsung pada Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan, Nur intan akuntari, SH MH selaku Dosen 

Pengampu Mata Kuliah tersebut menyampaikan, pelajaran mengenai bela negara, salah satu wujud bela negara yang disampaikan pada mahasiswa pada kegiatan Sit In tersebut.

Diantaranya, dengan menumbuhkan rasa sadar kewajiban membayar pajak. Seperti adanya pembayaran pajak atau iuran pajak yang dikenakan kepada masyarakat.

BACA JUGA:Dosen UBD Palembang Jadi Invited Speaker of International Symposium di INTI International University Malaysia

Dimana iuran iuran tersebut berasal dari pendapatan masyarakat itu sendiri. Selain pendapatan adanya badan usaha yang dimiliki, ada juga jenis barang-barang yang dapat dikenakan pajak itu sendiri.

“Kedatangan tim dari Direktorat Jenderal Pajak ke kampus kita ini Memberikan dampak positif terhadap mahasiswa, yakni menumbuhkan kesadaran wajib pajak, karena hal ini merupakan penunjang dari kesejahteraan negara,” ujar Nur intan akuntari, SH MH

Hal serupa juga disampaikan oleh Kepala Seksi Bimbingan Penyuluhan & Pengelolaan Dokumen Kanwil DJP Sumsel dan Kep. Babel. Afreza Rozak, SE MM saat melaksanakan kegiata Sit In.

“Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, kegiatan ini merupakan perwujudan bentuk kerjasama antara Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan bersama dengan lembaga Pendidikan Perguruan Tinggi, untuk membangun kesadaran perpajakan bagi generasi muda yaitu di kalangan mahasiswa, khususnya mahasiswa Universitas Bina Darma,” terangnya.

BACA JUGA:MANTAP! Mahasiswa S2 UBD Palembang, Raih Predikat Best Presenter di International Conference

Lebih lanjut Afreza Rozak, SE MM mengungkapkan bahwa di dalam menyongsong Indonesia emas di tahun 2045 mendatang, Republik Indonesia akan mencapai usia satu abad.

Tentunya generasi muda saat ini yang masih menjadi mahasiswa nantinya di tahun 2045 akan menjadi generasi yang mencapai usia produktivitas atau usia puncak karier. Dengan begitu pentingnya menanamkan kesadaran wajib pajak bagi generasi penerus bangsa tersebut.

“Untuk itulah diperlukan bagaimana kita membangun kesadaran Perpajakan bagi seluruh masyarakat, khususnya generasi muda yang saat ini mungkin masih menduduki usia pendidikan hingga dengan membangun kesadaran Perpajakan di Usia awal ini itu akan membuat mereka sadar dan terikat dengan kehidupan berbangsa dan bernegara,” tambahnya.

Kegiatan sadar wajib pajak ini menjadi kolaborasi yang membangun antara Universitas Bina Darma dengan Kanwil DJP Sumsel dan Kep. Babel. Kegiatan tentunya didukung penuh oleh Rektor Universitas Bina Darma Prof Dr Sunda Ariana, MPd MM serta Ketua TAX Center Universitas Bina Darma Yeni Widyanti, SE MAk. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: