Lahan Kosong di Jalan Lintas Martapura-Belitang Terbakar, Warga Khawatir Api Melalap Kebun Karet

Lahan Kosong di Jalan Lintas Martapura-Belitang Terbakar, Warga Khawatir Api Melalap Kebun Karet

Kebakaran lahan di jalan lintas Martapura-Belitang.--

SUMEKS.CO - Kobaran api melalap lahan kosong di sekitaran jalan lintas Martapura-Belitang. Tepatnya di Desa Keromongan, Kecamatan Martapura, OKU Timur, Kamis 26 Oktober 2023.

Akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tersebut, sejumlah pengendara motor dan mobil kesulitan untuk melintas lantaran terhalang asap.

Pantauan di lokasi kejadian, sekira pukul 15.45 api terus menjalar bahkan menyeberangi jalan dan hampir melalap kebun karet warga.

Menurut Ketua RT 04, Najamudin api terpantau sejak pagi menjelang siang, sekitar pukul 10.00 WIB.

BACA JUGA:Diduga Akibat Ledakan Kompor, 2 Rumah Panggung di Kelurahan 3-4 Ulu Palembang Hangus Terbakar

Soal penyebab kebakaran, Najamudin mengaku tidak tahu jelas. "Kalau pagi tadi, api muncul dari dekat rel KAI," jelas Najamudin, seperti dilansir dari sumateraekspres.id.

Najamudin juga mengatakan dirinya tidak mengetahui pemilik lahan kosong yang terbakar tersebut. Namun, Ia hanya khawatir api terus melalap kebun karet milik warga yang berada disekita lokasi kebakaran.

DIlanjutkan Najamudin, pihaknya telah berupaya menghubungi petugas Damkar. "Sudah kami hubungi Damkar, katanya sabar, nanti dikabari lagi dari Damkarnya," ujar Najamudin saat di lokasi. 

Hingga sore, belum ada petugas pemadam yang tiba di lokasi. Namun Najamudin mengaku terus berusaha menghubungi petugas pemadam kebakaran (Damkar).

BACA JUGA:Tengah Hari, Ogan Ilir Diselimuti Kabut Asap, 1.106 Hektare Lahan Sudah Terbakar

Najamudin berharap segera ada pertolongan dari petugas, agar api tidak lagi menyebar kemana-mana. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: