Hadapi Suhu Politik yang Kian Panas, Dosen Unas Beri Pesan Ini untuk Wartawan

Hadapi Suhu Politik yang Kian Panas, Dosen Unas Beri Pesan Ini untuk Wartawan

Media gathering SKK migas Sumbsel bersama 143wartawan-foto:doksumeksco-

SUMEKS.CODosen UNAS Selamat Ginting memberikan pesan yang cukup menohok bagi para wartawan.
Khususnya menghadapi ekskalasi politik yang terus memanas.

BACA JUGA:Jadi Alat Politik? OPD Diduga Ditunggangan"

Ini tantangan di tahun politik, jangan sampai menjadi penghianat demokrasi.

Siapapun yg menjadi pemenang pasti menjadi lawan politik karena pers sebagai kontrol sosial," kata Dosen UNAS Selamat Ginting, Selasa 24 Oktober 2023.

Selamat Ginting menyampaikan itu saat memberikan pembekalan materi skill jurnalistik dan peran media menghadapi tahun politik saat Acara Media Gathering dan Apresiasi Media FJM Wilayah Sumbagsel 2023 dengan tema Media Massa Memiliki Peran Penting Dalam menyukseskan Pemilu 2024 Mendatang di Puncak Jawa Barat.

"Jangan sampai kita menjadi pengkhianat demokrasi. Siapapun yg menjadi pemenang pasti menjadi lawan politik karena pers sebagai kontrol sosial," kata Dosen UNAS Selamat Ginting.

BACA JUGA:Kocak Muhaimin Iskandar Tiba-tiba Nyelepet Bacapres Anies Baswedan: ‘Ya Mumpung Belum Jadi Presiden!’

Menurutnya, berita pers sudah diramaikan soal politik jelang pemilu, banyak berita yang menarik soal koalisi, money politik dan sebagainya.

Misalnya dijelaskan Selamat bagaimana peran SKK Migas, saat ditahun politik menjadi persoalan ekonomi politik.

"Pemilu bisa batal jika terjadi situasi ekonomi politik. Kita harus menciptakan pemilu jurdil, menghasilkan karya jurnalistik yang profesional dan beretika.

BACA JUGA:Anies Baswedan Janji Bikin Ekonomi Rangking 4 Dunia, Negara Indonesia Setara Negara Lebih Maju

Peran media dinilai sangat penting karena berfungsi sebagai penyampai informasi, edukasi dan juga penangkal hoaks kepada publik," kata Selamat.

Menurut dia, yang terpenting pula dalam pemilu, adalah pemilih, peserta dan penyelenggara.

Namun kontrol-nya yang paling penting adalah media.

"Media itu akan menjadi sangat penting bagi kami. Bukan hanya dalam verifikasi faktual saja, tapi semua tahapan pemilu.

Bagi kami sangat penting untuk berkolaborasi dengan rekan media. Di mana diantaranya peran dari media yakni bagaimana mensosialisasikan agar masyarakat mau mengecek apakah namanya terdaftar di sipol."

Peran media juga bisa meluruskan, menyaring (informasi) hingga menangkal hoaks. Maka, edukasi publik melalui media sangat penting untuk dilakukan terkait Pemilu 2024 sehingga sukses dan jauh berkualitas kedepannya.

Kepala SKK Migas Anggono Mahendrawan yang diwakili Kepala Departemen Formalitas dan Komunikasi SKK Migas Sumbagsel Safei mengatakan bahwa sebanyak 132 orang wartawan  se-Sumbagsel mengikuti kegiatan Acara Media Gathering dan Apresiasi Media FJM.

"Ini sebagai wadah silahturahmi antara SKK Migas K3S dan rekan- rekan FJM wilayah Sumbagsel tahun 2023.  Kami mengharapkan silahturahmi dapat dipupuk terus menerus demi kelancaran operasional hulu migas di wilayah Sumbagsel,"ujar Kepala Departemen Formalitas dan Komunikasi SKK Migas Sumbagsel Safei. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: