Literasi Financial Harus Dimiliki Anak Sejak Dini

Literasi Financial Harus Dimiliki Anak Sejak Dini

Tim Penggerak PKK Kabupaten OKU Timur menggelar kegiatan Sosialisasi Literasi Financial "Mengelola Keuangan dan Entrepreneur" di Aula Hotel Parai, Kamis 19 Oktober 2023.--

OKU TIMUR, SUMEKS.CO - Tim Penggerak PKK Kabupaten OKU Timur terus berupaya untuk meningkatkan literasi financial kepada anak-anak sejak dini agar mampu mengelola keuangan dengan baik.

Upaya tersebut antara lain dengan menggelar kegiatan Sosialisasi Literasi Financial "Mengelola Keuangan dan Entrepreneur" di Aula Hotel Parai, Kamis 19 Oktober 2023.

Dibuka langsung oleh Bunda Literasi dr Sheila Noberta SpA MKes kegiatan ini merupakan implementasi dari program PKK yaitu program Pokja 1 Pola Asuh Anak dan Remaja serta program Pokja 2 melalui pendidikan dan keterampilan. 

"Bahwa perlunya meningkatkan edukasi penyuluhan sosialisasi tentang isu-isu strategis dan literasi yang memang dibutuhkan oleh masyarakat," kata dr Sheila. 

BACA JUGA:Hadiri HUT ke 5 Pengadilan Agama Martapura, Bupati Enos Terus Dorong Lanjutkan Program Isbat Nikah

Bunda Literasi juga mengatakan Literasi financial ini merupakan literasi yang harus dimiliki dan dipelajari oleh anak-anak sekolah, disebutkannya bahwa ada 6 literasi dasar yang harus dimiliki, terutama literasi financial.

"Literasi finansial ini adalah kemampuan atau keterampilan seseorang untuk mengelola keuangannya," tutur Bunda Literasi yang Ketua TP PKK OKU Timur ini.

Menurutnya, jika memiliki keterampilan literasi financial yang memadai kita bisa menyiapkan dan membuat keputusan yang efektif dan bijak dalam mengelola keuangan sehari-hari. 

Gunanya untuk meningkatkan kesejahteraan kita dan untuk menyiapkan masa depan kita dikemudian hari.

BACA JUGA:Akibat Kabut Asap Sangat Pekat, BPBD Kabupaten OKI Himbau Masyarakat Pakai Masker

Mengingat pentingnya literasi financial sejak dini, Bunda Literasi mengingatkan Dinas Pendidikan untuk memperhatikan hal ini.

"Saya sempat buka dan baca kurikulumnya ternyata ini harus dimiliki dari sekolah dasar, saya mohon Diknas untuk lebih memperhatikannya," imbuhnya.

Bunda Sheila meminta kepada anak-anak yang mengikuti kegiatan ini untuk memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaiknya dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan ilmunya dibagi kepada teman-temannya yang mungkin belum bisa hadir pada hari ini dan dipelajari lebih lanjut.

"Karena dengan mempelajari literasi semoga kalian mempunyai masa depan yang lebih baik, jadi orang kaya di usia muda," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: