Dukung Wanita Pasca Menopause Tetap Produktif dan Sehat, RS Siloam Sriwijaya Buka Klinik Menopause

Dukung Wanita Pasca Menopause Tetap Produktif dan Sehat, RS Siloam Sriwijaya Buka Klinik Menopause

RS Siloam Sriwijaya gelar healthtalk kesehatan dengan mengangkat tema “ Hidup berkualitas di masa menopause “ dengan narasumber DR. dr. Rizani Amran, SpOG(K)FER, DR.dr. Kms. Yusuf Effendi, SpOG(K)FER dan Renny Permataria, S.Psi. Psikolog.--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Menopause adalah proses alami menuju penuaan, kondisi ini ditandai dengan berhentinya siklus menstruasi pada wanita.

Masa menopause biasanya dimulai ketika wanita berhenti mengalami menstruasi selama 12 bulan dan masa ini usia produktif wanita sudah berakhir, sehingga tidak bias hamil.

Kondisi ini pasti akan terjadi pada setiap wanita, sehingga tak bisa dihindari. Karena itu, penting bagi setiap wanita untuk mengenali tanda-tanda menopause, terutama wanita yang memasuki usia 45 tahun.

Sementara itu, Dr. dr. Kms. Yusuf Effendi, SpOG (K)-FER mengatakan, Menopause biasanya terjadi wanita pada usia antara 45-55 tahun, meskipun dapat terjadi lebih awal atau lebih lambat pada beberapa wanita.

BACA JUGA:Mitos atau Fakta Perempuan yang Sering Minum Kopi Akan Lebih Cepat Menopause, Ini Kata dr Zainul Akbar

"Gejala awal pada Menopause menstruasi menjadi tidak teratur. Siklus menstruasi bisa lebih pendek atau lebih panjang, dan jumlah darah yang keluar bisa berubah," terang DR. dr. Kms. Yusuf Effendi, SpOG (K)-FER, Rabu 18 Oktober 2023.

Selain itu, siklus menstruasi menjadi tidak teratur sebelum akhirnya berhenti sepenuhnya. 

Para wanita harus bisa mengenali beberapa tanda dan gejala umum menopause itu sendiri seperti, Perubahan Siklus Menstruasi, Gejala Haid yang Berat, Haid yang Menyakitkan, Haid yang Tidak Teratur, Gejala Panas Dingin (Hot Flashes), Gangguan Tidur, Perubahan Mood, Penurunan Libido, Keringat Vagina dan Nyeri Saat Berhubungan Seksual dan Perubahan Kulit.

DR. dr. Rizani Amran, SpOG(K)-FER menerangkan, wanita menopause sering mengalami perubahan mood, seperti iritabilitas, kecemasan, atau depresi.

BACA JUGA:Pimpin Rakor di KPU Sumsel, Kapolda Pastikan Kesiapan Keamanan dan Penyelenggaraan Pemilu 2024

"Selain perubahan mood, wanita menopause mengalami gejala Panas Dingin (Hot Flashes), ini adalah sensasi panas yang tiba-tiba dan intens yang biasanya terjadi di wajah, leher, dan dada. Hot flashes sering diikuti oleh keringat dingin. Lalu, banyak wanita mengalami kesulitan tidur atau tidur yang tidak nyenyak. Ini bisa disebabkan oleh hot flashes atau gejala lainnya," tegas DR. dr. Rizani Amran, SpOG(K)-FER.

Bertepatan dengan Hari Menopause Sedunia pada Rabu 18 Oktober 2023, RS Siloam Sriwijaya menggelar healthtalk kesehatan dengan mengangkat tema “ Hidup berkualitas di masa menopause “ dengan narasumber  DR. dr. Rizani Amran, SpOG(K)FER, DR.dr. Kms. Yusuf Effendi, SpOG(K)FER dan Renny Permataria, S.Psi. Psikolog. 

Adapun tujuan healthtalk untuk memberikan kesadaran tentang pentingnya menjaga kesehatan dalam memasuki masa menopouse  bagi para wanita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: