Kemendikbudristek dan KSP Dukung Industri Gim Lokal

Kemendikbudristek dan KSP Dukung Industri Gim Lokal

Kemendikbudristek dan KSP Dukung Industri Gim Lokal.--

BOGOR, SUMEKS.CO - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Kantor Staf Presiden (KSP), dan KINCIR, menyelenggarakan Esports Next serta kunjungan kinetik ke SMKN 1 Ciomas, Bogor, Jawa Barat.

Kegiatan bertujuan mempersiapkan talenta-talenta dalam industri esports dan gim lokal tanah air," ungkap Direktur SMK, Kemendikbudristek, Wardani Sugiyanto, saat melakukan kunjungan ke SMKN 1 Ciomas, baru-baru ini.

Dalam kunjungan ini juga diserahkan bantuan untuk peningkatan fasilitas pengembangan gim bagi sekolah.

Menurut dia, Esports Next dan kunjungan kinetik ke SMKN 1 Ciomas menjadi bagian dari rangkaian kejuaraan olahraga elektronik Piala Presiden Esports 2023 yang akan digelar pada 21—22 Oktober 2023 mendatang.

BACA JUGA:Menko Luhut Dikabarkan Terkena Serangan Jantung dan Dilarikan ke RS Singapura, Respon Netizen Malah Bar-Bar

Esports Next sendiri merupakan diskusi antara pelajar dan mahasiswa dengan pelaku industri perfilman dan esports.

Untuk pemilihan SMKN 1 Ciomas karena sekolah ini merupakan salah satu SMK pelaksana program SMK Pusat Keunggulan bidang animasi yang memiliki beberapa program unggulan yang terikat dengan potensi industri esports, seperti program keahlian animasi, produksi dan siaran program televisi, serta pengembangan perangkat lunak dan gim.

Kami mengapresiasi penyelenggaraan Esports Next di SMKN 1 Ciomas. Menurut Wardani, esports tak hanya menjadi olahraga kreasi, tetapi juga industri yang sangat potensial," katanya.

Selain SMKN 1 Ciomas, Kemendikbudristek memiliki SMK-SMK dengan kompetensi yang erat dengan industri esports dan memiliki potensi untuk mengembangkan gim-gim dengan kearifan lokal.

BACA JUGA:SEDIH! Pamit ke Rumah Teman, Gadis Asal Plaju Palembang Hilang dan Tak Kunjung Pulang

Perlu diketahui, Kemendikbudristek memang tidak memberikan bantuan khusus untuk pengembangan esport, akan tetapi bantuan yang diberikan berdasarkan pada kompetensi.

Dengan Kurikulum Merdeka akan bisa mempertajam bakat dan minat anak-anak dengan tetap memperhatikan pasar dalam hal ini potensi pasar industri esports besar,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Tenaga Ahli Utama Bidang Olahraga dan Pemuda, Kantor Staf Presiden RI, Agung Hardjono, mengatakan bahwa Pemerintah Republik Indonesia melalui KSP berkomitmen mengembangkan ekosistem dan industri esports menjadi sektor yang berdampak positif bagi pemuda Indonesia.

“Kami berharap dukungan untuk SMKN 1 Ciomas dapat menambah potensi siswa-siswi untuk meraih masa depan gemilang, baik sebagai pemain atau profesi lain yang berkaitan dengan industri esports,” pungkasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: