Karomah Puyang Muara Rambang, Penyeleksi Buaya yang Boleh Mendiami Sungai Muara Rambang

Karomah Puyang Muara Rambang, Penyeleksi Buaya yang Boleh Mendiami Sungai Muara Rambang

Makam Puyang Muara Rambang, salah satu ulama ternama yang sangat terkenal di Kabupaten Ogan Ilir.--

OGAN ILIR, SUMEKS.CO - Puyang Muara Rambang merupakan salah satu ulama ternama yang sangat terkenal tak hanya di Kabupaten OGAN ILIR saja, melainkan pula di sejumlah daerah Provinsi Sumatera Selatan. 

Puyang Muara Rambang memiliki berbagai karomah. Salah satu karomah yang dimiliki Puyang Muara Rambang, yakni, menjadi sosok penyeleksi buaya-buaya yang boleh mendiami Sungai Rambang. 

Hal itu seperti dikutip SUMEKS.CO dari unggahan akun Snack Video @alifiandrasety, 20 September 2023. Disebutkan pula bahwa Puyang Muara Rambang tak segan-segan mengusir buaya-buaya jahat yang datang. 

Bagi buaya jahat dan berniat membunuh manusia, maka secara otomatis akan dihalangi oleh Puyang Muara Rambang serta buaya besar penjaga Sungai Muara Rambang. Buaya-buaya jahat hanya boleh mendiami Sungai Ogan.

BACA JUGA:Puyang Harimau Tukung, Konon Jadi Cikal Bakal Desa Kasah Kecamatan Muara Kuang di Ogan Ilir

Oleh karena itulah, jumlah manusia yang meninggal dunia akibat diserang buaya di wilayah Rambang sangat sedikit. Konon kabarnya, hal itu dikarenakan tidak adanya buaya jahat di Sungai Muara Rambang tersebut.

Konon kabarnya, buaya besar penunggu Sungai Muara Rambang akan muncul hanya di waktu-waktu tertentu saja. Buaya besar ini bisa dilihat oleh orang-orang yang memiliki mata bathin yang kuat. 


Puyang Muara Rambang merupakan salah satu ulama ternama yang sangat terkenal di Kabupaten Ogan Ilir.--

Untuk diketahui, makam Puyang Muara Rambang terletak di Desa Lubuk Keliat Kecamatan Lubuk Keliat Kabupaten Ogan Ilir Provinsi Sumatera Selatan. Saat datang ke lokasi pemakaman, pengunjung akan dibuat kaget. 

Betapa tidak, pengunjung akan disambut oleh segerombolan monyet yang konon kabarnya memang menjadi penunggu makam keramat tersebut.

BACA JUGA:Kutukan Sakti Puyang Besemah, Keturunan Puyang Palembang Dilarang Mendaki Gunung Dempo

Menurut Nilawati, pengurus Makam Puyang  Muara Rambang, banyak sekali peziarah yang datang ke Makam Puyang Muara Rambang untuk memanjatkan doa terhadap para leluhur. Terutama bagi peziarah yang mempunyai hajat.

"Yang datang kesini biasanya mereka yang mempunyai hajat. Misalnya, akan mengkhitankan anaknya, dengan harapan diberikan kemudahan saat dikhitan," terangnya kepada SUMEKS.CO.

Ditambahkan Nilawati, Makam Puyang Muara Rambang ini biasanya ramai dikunjungi peziarah pada Hari Minggu. Adapun peziarah yang sering berkunjung ke Makam Puyang Muara Rambang berasal dari berbagai daerah, seperti, Prabumulih, Lampung, dan dari berbagai daerah lainnya di luar Sumsel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: