Asal Usul Nama Palembang yang Wajib Diketahui, Ternyata Erat Kaitannya dengan China

Asal Usul Nama Palembang yang Wajib Diketahui, Ternyata Erat Kaitannya dengan China

Asal usul nama Palembang yang erat kaitannya dengan China--

SUMEKS.CO - Asal usul nama Palembang terdiri dari beberapa versi. Salah satunya bermula ketika penguasa Sriwijaya mendirikan sebuah wanua atau kota. 

Topografi wilayah Palembang terdiri dari perairan. Dimana, Kota Palembang dikelilingi oleh air atau bahkan terendam oleh air. Yang mana, bersumber dari sungai dan rawa. 

Menurut data yang ada di Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 1990 lalu menyebutkan, bahwa50 persen wilayah Palembang masih terendam air dan juga rawa. 

Lantaran kondisi topografi Kota Palembang yang seperti inilah membuat nenek moyang Kota Palembang, akhirnya memberikan nama Palembang pada kota ini. 

BACA JUGA:Ternyata Palembang Punya Pulau Seribu di Dalamnya Ada Masjid Kuno, Ini Lokasinya?

Dimana, jikalau berdasarkan bahasa Melayu, Pa berarti tempat dan Lembang atau Lembeng yang artinya tanah yang rendah. Atau lembah akar yang lama terendam air. 

Sedangkan untuk bahasa Melayu Palembang, Palembang diartikan suatu tempat yang digenangi air. 

Salah satu versi lainnya yang mengaitkan dengan bahasa Jawa,yakni, berasal dari kata Limbang. Yang mana, Limbang merupakan aktivitas memisahkan biji logam dengan diayak. 

Sedangkan, kata Pa adalah kata depan yang dipakai orang Jawa untuk menunjuk suatu tempat berlangsungnya usaha atau keadaan. Versi ini sangat erat kaitannya dengan Palembang masa lalu. 

BACA JUGA: Melihat Rumah Ratusan Tahun Milik Baba Boentjit di Palembang, Waw Instagramable Lo

Dimana, Palembang sebagai tempat untuk mencuci emas dan biji timah di sepanjang sungai. 

Sedangkan versi lain, Palembang berasal dari kata Lemba yang berarti tanah yang dihanyutkan air ke tepi sungai. 

Kota Palembang dianggap sebagai salah satu pusat dari Kerajaan Sriwijaya. Serangan Rajendra Chola dari Kerajaan Chola pada tahun 1025 yang tidak berarti lagi oleh para pedagang asing. 

Selanjutnya, berdasarkan dari kronik Tiongkok nama Pa-Lin-Fong yang terdapat pada buku Chu-Fan-Chi, yang ditulis pada tahun 1178 oleh Chou-Ju-Kua dirujuk kepada Palembang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: