UBD Palembang Kolaborasi Dengan BSSN Gelar Bimtek Kesiapsiagaan Insiden Siber

UBD Palembang Kolaborasi Dengan BSSN Gelar Bimtek Kesiapsiagaan Insiden Siber

UBD Palembang Kolaborasi Dengan BSSN Gelar Bimtek Kesiapsiagaan Insiden Siber.--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) berkerjasama dengan Universitas Bina Darma (UBD) Palembang menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Kesiapsiagaan Insiden Siber.

Sebanyak 83 peserta berasal dari 26 Perguruan Tinggi di wilayah II LLDIKTI, yaitu Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu dan Kepulauan Bangka Belitung ikut serta dalam Bimtek Kesiapsiagaan Insiden Siber. 

Bimtek Kesiapsiagaan Insiden Siber diselenggarakan di Aula Prof. Ir. H. Bochari Rachman, M. Sc Kampus BR 1 Universitas Bina Darma Palembang pada 19-20 September 2023.

Direktur Keamanan Siber dan Sandi Pembangunan Manusia, Deputi 3 BSSN Giyanto Awan Sularso SKom MM mengungkapkan, kegiatan ini guna meningkatkan kapabilitas dan kesiapan menangani insiden siber di bidang keamanan pada Perguruan Tingi di wilayah II LLDIKTI.

BACA JUGA:Rela Ceraikan Suami dan Pasrah Diajak 'Begituan', Ibu Muda di Tuban Tertipu Intel Gadungan

Selain itu, tujuannya untuk menguji kemampuan teknis dalam menganalisis dan menangani insiden siber pada institusi memberikan pemahaman tentang taktik, teknik, dan prosedur yang dilakukan oleh aktor kriminal siber dalam melakukan serangan siber.

"Kami memilih UBD untuk menjadi penyelenggara kegiatan dikarenakan terkait kesiapan sarana dan prasarana Universitas Bina Darma dalam menyelenggarkan kegiatan BIMTEK," ujarnya.

BSSN juga berharap setelah kegiatan bimtek ini para peserta mengimplementasikan materi, yang didapat dalam mengamankan sistem informasi organisasi masing masing.

"UBD Palembang juga menjadi titik simpul kolaborasi perguruan tinggi di wilayah II LLDIKTI di bidang keamanan siber," timpalnya.

BACA JUGA:3 Shio Ini Akan Diselimuti Kekayaan, Hidupnya Dipastikan Bahagia

Lebih lanjut, dengan adanya kegiatan bimtek ini, diantaranya adalah dengan melakukan sharing knowledge antar perguruan tinggi.

Sementara itu, kegiatan tersebut dihadiri Direktur Keamanan Siber dan Sandi Pembangunan Manusia, Deputi 3 BSSN Giyanto Awan Sularso ,SKom MM, Rektor Universitas Bina Darma Prof Dr Sunda Ariana, MPd MM

Kemudian, Ketua Tim Kerja Sistem Informasi LLDIKTI Wilayah II Irsan Aras, ST MKom, Wakil Rektor Bidang Akademik UBD M Izman Herdiansyah, ST MM PhD.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: