Desa di Air Sugihan OKI Kekeringan, Polsek Gandeng Perusahaan Sediakan Air Bersih

Desa di Air Sugihan OKI Kekeringan, Polsek Gandeng Perusahaan Sediakan Air Bersih

Water treatment air bersih yang disediakan untuk masyarakat yang kesulitan air bersih di Kecamatan Air Sugihan OKI. Foto: dokumen/sumeks.co--

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Musim kemarau dan hujan sudah jarang turun di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). 

Warga di desa-desa Kecamatan Air Sugihan, Kabupaten OKI, telah mengalami kekeringan air bersih yang sangat diperlukan untuk kebutuhan sehari-hari. 

Yakni di sana sudah dilanda kekeringan, sumber air sudah mengering, air sungai debitnya juga sudah menyurut. Sehingga membuat masyarakat kesulitan mendapatkan air bersih untuk konsumsi sehari hari.

Di perparah lagi karena di Kecamatan Air Sugihan selama ini tidak ada  PDAM ataupun sumber mata air yang bisa layak dikonsumsi. Maka dikeluhkah masyarakat. 

BACA JUGA:MASYAALLAH! Air Sungai Mulai Asin, Warga Makarti Jaya Kabupaten Banyuasin Butuh Pasokan Air Bersih

Kekeringan air bersih ini membuat personel Polsek Air Sugihan langsung mengecek ketersedian air bersih yang berada di PKS PT SAML jalur 30.

Kapolsek Air Sugihan, Iptu Rio Trisno SH MH, selama ini di kecamatan Air Sugihan hanya mengandalkan sumber air yag berasal dari sungai, sumur buatan sendiri, dan menadah hujan. 

"Sayangnya dari semua sumber air tersebut juga kualitas air yang kurang bagus karena tekstur tanah di Air Sugihan adalah gambut," ujarnya, Sabtu 9 September 2023.

Selain itu, Rio menegaskan,  untuk hasil yang didapatkan dari kwalitas sumur yang dibuat warga airnya berbau, mengandung karat berlemak. 

BACA JUGA:Polres Prabumulih Ikut Bantu Warga yang Mulai Kesulitan Air Bersih

Serta warna air nya coklat bahkan hitam dikarenakan tekstur tanah di Air Sugihan merupakan gambut. 

"Jadi dengan telah kekeringan air bersih dan sulit maka kita mengajak perusahaan untuk membantu menyediakan air bersih untuk masyarakat Desa agar bisa layak dikonsumsi," jelas Rio. 

Kapolsek mengatakan, rupanya selama ini perusahaan PT SAML ini telah membantu masyarakat dengan menyediakan air bersih secara gratis. Dengan menyiapkan water treatment di PKS-nya jalur 30.

Lanjut Rio, masyarakat boleh mengambil air bersih dengan membawa jeriken untuk mengambil air bersih tersebut yang berada di PKS-nya. Dimana air nya layak dikonsumsi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: