Dinkes Kota Palembang : Warga Gunakan Masker Jika Keluar Rumah dan Banyak Minum Air Putih Hangat

Dinkes Kota Palembang : Warga Gunakan Masker Jika Keluar Rumah dan Banyak Minum Air Putih Hangat

Imbauan dari Dinkes Kota Palembang agar warga memakai masker saat keluar rumah.--dok : sumeks.co

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palembang dr Hj Fenty Aprina meminta warga menggunakan masker jika keluar rumah. 

"Saya minta banyak minum air putih hangat, makan buah dan sayur, segera ke fasilitas kesehatan jika mengalami gangguan pernapasan," kata Fenty Aprina, Selasa 5 September 2023. 

Fenty Aprina mengatakan, kebakaran hutan dan lahan yang akhir-akhir ini terjadi Sumatera Selatan (Sumsel), makin parah. 

"Ini mulai membuat udara di Kota Palembang masuk dalam kategori tidak sehat," ujar Fenty Aprina. 

BACA JUGA:Ratu Dewa Minta Camat dan Lurah Edukasi dan Sosialisasi Kepada Masyarakat Gunakan Masker

Diberitakan sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang Ratu Dewa meminta warga untuk mengurangi aktivitas fisik terlalu lama diluar ruangan.

Ratu Dewa mengatakan, mengingat kualitas udara di Palembang sedang tidak membaik dan dampak kebakaran hutan serta lahan yang terjadi di Kabupaten Ogan Ilir dan Ogan Komering Ilir Sumsel.

Lanjut Ratu Dewa, kondisi udara dalam tiga hari terakhir Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) mencapai 140-160 mikro gram per meter kubik.

Berdasarkan data Particulate Matter (PM 2,5) yang tinggi kemungkinan besar dari asap kebakaran yang ada di Sumsel. Kalau hotspot tinggi maka asap akan banyak dan pm 2,5  akan meningkat dari hari biasanya.

BACA JUGA:Kualitas Udara di Kota Palembang Hari Ini Makin Memburuk, Dinkes Sudah Imbau Warga Pakai Masker

Dengan kondisi tersebut, Ratu Dewa juga meminta warga untuk menjaga imun tubuh, terutama untuk menjaga anak-anak saat berangkat dan pergi ke sekolah.

Selain itu, masih dikatakan Ratu Dewa meminta masyarakat di Palembang untuk tidak melakukan pembakaran lahan atau sampah untuk mengurangi dampak karhutlah yang terjadi saat ini.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: