Dampak Kebakaran Hutan dan Lahan, Sekda Palembang Ratu Dewa Minta Masyarakat Pakai Masker

Dampak Kebakaran Hutan dan Lahan, Sekda Palembang Ratu Dewa Minta Masyarakat Pakai Masker

Ratu Dewa imbau warga menggunakan masker saat di luar ruangan.--dok : sumeks.co

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang Ratu Dewa meminta warga untuk mengurangi aktivitas fisik terlalu lama diluar ruangan.

"Saya minta warga untuk memakai masker jika beraktivas di luar ruangan," kata Ratu Dewa, Selasa 5 September 2023.

Ratu Dewa mengatakan, mengingat kualitas udara di Palembang sedang tidak membaik dan dampak kebakaran hutan serta lahan yang terjadi di Kabupaten Ogan Ilir dan Ogan Komering Ilir Sumsel.

"Saya meminta warga untuk tidak terlalu lama berada di luar ruangan, jika kondisi memaksa untuk berada di luar kami himbau untuk memakai masker," ujar Ratu Dewa.

BACA JUGA:Kualitas Udara di Kota Palembang Hari Ini Makin Memburuk, Dinkes Sudah Imbau Warga Pakai Masker

Lanjut Ratu Dewa, kondisi udara dalam tiga hari terakhir Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) mencapai 140-160 mikro gram per meter kubik.

Berdasarkan data Particulate Matter (PM 2,5) yang tinggi kemungkinan besar dari asap kebakaran yang ada di Sumsel. Kalau hotspot tinggi maka asap akan banyak dan pm 2,5  akan meningkat dari hari biasanya.

Dengan kondisi tersebut, Ratu Dewa juga meminta warga untuk menjaga imun tubuh, terutama untuk menjaga anak-anak saat berangkat dan pergi ke sekolah.

"Anak-anak kita yang berangkat ke sekolah untuk diperhatikan memakai masker dan menjaga kesehatan mereka," ungkap Ratu Dewa.

BACA JUGA:PERINGATAN DINI! Kualitas Udara di Palembang Kian Tidak Sehat, Ayo Segera Gunakan Masker

Selain itu, masih dikatakan Ratu Dewa meminta masyarakat di Palembang untuk tidak melakukan pembakaran lahan atau sampah untuk mengurangi dampak karhutlah yang terjadi saat ini.

"Saya juga sudah mengintruksikan DLHK Palembang dan penanggulangan bencana dan kebakaran memantau perkembangan di lapangan," terangnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: