Sengkarut Ditubuh Dewan Kesenian Sumatera Selatan, Seniman dan Budayawan Minta Gubernur HD Turun Tangan

Sengkarut Ditubuh Dewan Kesenian Sumatera Selatan, Seniman dan Budayawan Minta Gubernur HD Turun Tangan

Seniman dan budayawan Palembang meminta pemprov Sumsel membekukan kepengurusan DKSS yang ada saat ini.-foto sumeks.co-

PALEMBANG, SUMEKS.COAkibat persoalan dan sengkarut yang tak terselesaikan, puluhan seniman, budayawan  di Sumatera Selatan (Sumsel) yang tergabung dalam Aliansi Seniman Menggugat (Asam) menggelar aksi unjuk rasa halaman kantor Gubernur Sumsel, Selasa  29 Agustus 2023.

Aksi yang dibalut dengan pembacaan puisi, pantomin dan membuat lukisan ini menuntut Gubernur Sumsel H Herman Deru turun tangan segera  respons berbagai permasalahan yang ada dalam tubuh Dewan Kesenian Sumatera Selatan (DKSS) .

BACA JUGA:Selebgram Palembang yang Ditangkap Polda Lampung yang Tersandung Kasus Narkoba Miliki Bangunan Indomaret?

Martha Astra, Koordinator Aksi (Korak) mengatakan aksi para seniman bertujuan menyuarakan keprihatinan mereka terhadap sejumlah isu penting yang terkait dengan DKSS.

Salah satu poin utama dalam unjuk rasa ini adalah pemilihan Ketua baru DKSS periode 2023-2028 yang akan segera dilaksanakan.

Menurut Martha Astra, aksi ini menjadi penting karena munculnya ketidakjelasan dalam pendaftaran calon Ketua DKSS yang telah membingungkan masyarakat.

"Dari informasi pendaftaran calon ketua saja sudah simpang siur, seolah pembohongan publik,"  katanya.

BACA JUGA:Film Aksi Thriller Equalizer 3 Segera Tayang di Bioskop, Ini Sinopsisnya

Selain itu, aksi ini juga didorong oleh dugaan kuat terkait masalah administrasi dalam posisi jabatan di DKSS, seperti yang diakui oleh bendahara DKSS  yang mengakui minimnya keterlibatannya dalam kegiatan DKSS selama menjabat.

Martha Astra juga menekankan bahwa DKSS seharusnya dibekukan sementara waktu dan proses Musyawarah Daerah (Musda) harus dihentikan.

Aliansi ini mendesak Gubernur Sumsel dan Dinas Budaya dan Pariwisata Sumatera Selatan (Disbudpar Sumsel) untuk mengambil tindakan tegas dalam menyikapi situasi ini.

Selain itu, aksi unjuk rasa ini juga menyoroti dugaan politisasi dan praktik money politik dalam pemilihan Ketua DKSS dalam dua periode terakhir.

''Hentikan praktik semacam ini.''.

BACA JUGA:Besaran Iuran BPJS Kesehatan, Ini Rincian Biaya Setiap Golongan Tahun 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: