WOW, Batik Kujur Khas Kabupaten Muara Enim yang Dikembangkan PTBA, sudah Mendunia

WOW, Batik Kujur Khas Kabupaten Muara Enim yang Dikembangkan PTBA, sudah Mendunia

Batik Kujur adalah desain motif mengangkat kearifan lokal yang dibina PTBA di Kabupaten Muara Enim.-foto sumeks.co-

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas pengrajin batik agar mampu menghasilkan produk yang lebih baik.

''Sehingga batik yang dihasilkan dapat dikenal oleh masyarakat luas serta meningkatkan kesejahteraan pengrajin batik dan masyarakat daerah binaan secara umum," kata Vice President Sustainability PT Bukit Asam Tbk (PTBA), Hartono.

Pemasaran produk Batik Kujur dilakukan melalui market place Shopee, Tokopedia, Pasar Digital (PaDi), Rumah BUMN Muara Enim dan toko kain di sekitar perusahaan.

BACA JUGA:Kain Tajung, Hasil Tenun Palembang Selain Songket

Sebagai bentuk pengenalan produk dalam jangkauan nasional dan internasional, perusahaan mengikutsertakan Batik Kujur dalam berbagai ajang.

Di antaranya adalah New York Indonesia Fashion Week yang diselenggarakan pada 11 Februari 2023 di Pier 36Cruise Ship 299, South Street New York. 

Perusahaan berhasil menampilkan Batik Kujur bekerja sama dengan desainer berbakat Eva Yasul yang merupakan puteri daerah dari sekitar wilayah operasi PTBA, yaitu Desa Seleman, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim.

Perusahaan mengharapkan tampilnya produk hasil kerajinan di level nasional dan internasional dapat membantu meningkatkan popularitas Batik Kujur.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Motif Songket Palembang, Cek Harga Bulan November 2022 selama JKPI IX


Batik Kujur produk kearifan lokal di Kabupaten Muara Enim yang dibina PTBA.-foto sumeks.co-

"Kegiatan ini merupakan salah satu upaya melestarikan budaya daerah sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya untuk para pengrajin batik melalui program pengembangan dan pemberdayaan," ujar Hartono. 

Selain itu, PTBA juga telah mengikutsertakan kelompok Batik Kujur dalam event Indonesia Fashion Week 2022, Icraft 2022, Indonesia Green Environment And Forestry Expo yang diadakan di Jakarta Conventional Center, Pameran APEKSI 2022 di Bandar Lampung, dan Kriya Sriwijaya Home Decoration di Palembang.(*)

BACA JUGA:3 Shio Ini Miliki Usaha yang Sukses, Karirnya Pasti Berjaya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: