WOW, Batik Kujur Khas Kabupaten Muara Enim yang Dikembangkan PTBA, sudah Mendunia

WOW, Batik Kujur Khas Kabupaten Muara Enim yang Dikembangkan PTBA, sudah Mendunia

Batik Kujur adalah desain motif mengangkat kearifan lokal yang dibina PTBA di Kabupaten Muara Enim.-foto sumeks.co-

PALEMBANG, SUMEKS.CO Batik Kujur adalah kain khas bermotif desain mengangkat kearifan lokal di Kabupaten Muara Enim. PT Bukit Asam Tbk (PTBA), sebagai perusahaan yang beroperasi di wilayah itu, mendukung penuh pengembangan Batik Kujur.

Bahkan, PTBA membentuk Sentra Industri Bukit Asam (SIBA) yang sudah ada 12 kelompok hingga kini. Dari 12 kelompok SIBA Batik Kujur total anggotanya mencapai 35 pengrajin. 

BACA JUGA:Langkah Visista Pratama Mengkolaborasikan Pakan Ternak Alternatifnya dengan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan

Para pengrajin yang diberdayakan dalam kelompok SIBA Batik Kujur ini adalah ibu-ibu rumah tangga di Kelurahan Tanjung Enim, khususnya Dusun Tanjung. 

Ciri khas Batik Kujur terlihat dari desain motif yang mengangkat kearifan lokal. Yakni kujur, kopi, rumah tengkiang, dan Bunga Tanjung.


PTBA membina ibu-ibu pengrajin batik di Kabupaten Muara Enim. -foto sumeks.co-

Kujur sendiri salah satu senjata tradisional berupa tombak yang merupakan peninggalan nenek moyang masyarakat Tanjung Enim, Sumatera Selatan.

Ada beragam produk yang telah dihasilkan, di antaranya Batik Kujur ramah lingkungan yang dibuat dengan menggunakan pewarnaan alami yang memanfaatkan tanaman endemik.

Selain menjual produk dalam bentuk lembaran kain batik, para pengrajin juga menciptakan berbagai inovasi produk Batik Kujur seperti topi, kipas, dompet, tas, baju dan masker. 

PTBA memfasilitasi SIBA Batik melalui penyediaan Gerai Batik Kujur di area SIBA Center. Selanjutnya untuk menunjang proses produksi, Perusahaan telah berinvestasi sosial melalui penyediaan sarana dan prasarana yang diperlukan.

BACA JUGA:Benarkah Konsumsi Minuman Beralkohol Bikin Bergairah? Begini Menurut Dr Binsar Martin Sinaga Fias

Ibu-ibu pengrajin batik dibangunkan infrastruktur berupa rumah produksi Batik Kujur yang terletak di Dusun Tanjung.

Penyediaan infrastruktur ini sebagai upaya PTBA untuk mendukung proses produksi Batik Kujur dalam melakukan inovasi menjadi produk yang lebih variatif.

Sejalan dengan infrastruktur yang telah diinvestasikan, Perusahaan juga telah membekali kelompok dalam pemenuhan capacity building berupa Pelatihan Peningkatan Kompetensi Membatik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: